Wisata Kuliner Thailand: Yang Harus Kamu Santap di Bangkok!

Sahabat Qetring, apa yang kamu lakukan ketika berkunjung ke Thailand? Apakah berwisata sejarah ke museum dan monumen cantik Bangkok? Atau berwisata alam keluar kota Bangkok? Kearah manapun Sahabat Qetring menoleh, ada berbagai makanan nikmat nan autentik di Bangkok, dan Bangkok adalah salah satu kota di Asia paling seru untuk berwisata kuliner. Telusuri berbagai street food, seperti Wang Lang Market, diseberang Sungai Chao Praya dan Grand Palace, atau hunting breakfast di Bangkok ala orang lokal di Silom Soi 20. Sejatinya, makanan khas Thailand mirip dengan kuliner Asia lainnya, dengan cita rasa pedas serta kaya akan rempah-rempah, jadi jika Anda berencana mengunjungi Negeri Gajah Putih tersebut, berikut 7 kuliner Thailand yang wajib Anda coba:

1. Kwetiau Goreng Ala Thai, Pad Thai ผัดไทย

Pad thai merupakan kuliner Thailand yang tepat untuk pecinta mi. Hidangan ini berupa mi yang disiram dengan kuah asam yang dimasak dengan gula aren. Dengan tambahan udang, tauge, kacang, dan taburan bawang menjadi rasa mi siram ini semakin lezat. Thip Saman menjadi salah satu restoran dengan menu pad thai terenak di Thailand.

2. Beef Thai Basil, Pad Ka Prao ผัดกะเพรา

Kuliner Thailand berbahan daging sapi lainnya adalah beef thai basil. Potongan daging sapi yang dimasak dengan daun kemangi Thailand ditambah sedikit lada menjadikan beef thai basil memiliki aroma harum dan rasa pedas yang khas.

Sekilas, hidangan ini mirip dengan bistik atau semur, hanya ditambahkan daun kemangi untuk menghasilkan aroma wangi pada masakan. Tak sulit untuk mencicipi kuliner Thailand ini, karena beef thai basil ada di semua restoran Thailand atau di Bangkok street food.


3. Thai Green Curry Chicken แกงเขียวหวานไก่ 

Hidangan kari khas Thailand juga dikenal dengan nama kaeng khiao waan atau yang berarti sweet green curry. Kari Thailand menjadi salah satu ekspor kuliner yang paling terkenal.

Hidangan ini berisi kentang, kacang panjang dan kacang polo hijau, dengan kuah yang berwarna kehijauan hasil dari campuran cabai hijau sebagai perasa pedas. Terkadang, potongan daging sapi atau daging ayam turut ditambahkan sebagai pelengkap. Semua restoran di Thailand, khususnya di Bangkok telah menyajikan hidangan kari ini, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mencicipinya.

4. Ayam Goreng Pandan

Negara 1000 pagoda ini terkenal dengan menu ayam goreng pandannya atau yang biasa disebut gai hor bai toey. Yang membuat hidangan ini unik adalah daun pandan yang digunakan sebagai pembungkus ayam, sehingga menghasilkan aroma pandan yang harum. Silakan mampir ke restoran Ban Khun Mae di depan Center Point Mall Siam Square Thailand untuk mencicipi lezatnya ayam goreng pandan khas Thailand ini.

5. Thai Beef Salad

Salad khas Thailand ini mirip dengan menu salad lain yang disajikan di restoran atau rumah makan di negara lain. Umumnya menu salad adalah buah dan sayur atau kombinasi antara keduanya yang disiramkan mayonnaise di atasnya.

Di Thailand, salad yang disajikan juga ditambahkan dengan potongan daging sapi tanpa menggunakan mayonnaise. Adanya irisan cabai dan perasan jeruk nipis membuat thai beef salad terasa pedas dan gurih. Anda bisa berkunjung ke Somtum Der atau Kalpapruek untuk mencoba salad ini.

6. Nasi Goreng Tom Yum Thailand

Seperti halnya nasi goreng yang menjadi kuliner favorit di Indonesia, nasi goreng tom yum menjadi makanan khas Thailand yang harus Anda cipipi. Hidangan ini tidak jauh berbeda dengan tom yum kuah yang biasa Anda nikmati.

Bedanya, bumbu kuah tom yum akan diolah kering menjadi nasi goreng. Tapi tetap tidak mengurangi kelezatan tom yum itu sendiri kok. Bangkok street food menjadi tempat favorit pelancong untuk menjajal nasi goreng khas Thailand ini.

7. Lumpia Sayur Thailand

Jika Semarang memiliki lumpia isi rebung sebagai makanan khas, Thailand punya lumpia isi sayur yang cocok untuk diet. Lumpia sayur Thailand berukuran mini dan hanya berisi potongan kubis dan wortel.

Kulit pembungkusnya berupa kulit lumpia basah yang terbuat dari tepung beras dan disajikan di atas sendok. Hidangan ini disajikan bersama dengan saus khas Thailand yang asam dan pedas. Anda bisa ke Savelberg Thailand sebagai salah satu restoran vegetarian untuk mencicipi lumpia sayur ini.

Cobalah berbagai makanan kuliner khas Thailand ini mulai dari di berbagai food streets terkenal di Bangkok, restoran-restoran lokal di jalan-jalan Bangkok, sampai di restoran-restoran ternamanya. Tidak hanya memiliki gajah sebagai hewan keramat dan pagoda yang tersebar di seantero negeri, Thailand juga memiliki daftar kuliner lezat yang patut Anda jajal! Beberapa makanan khas Thailand bahkan sudah diadaptasi menjadi menu tambahan di berbagai sajian kuliner di Asia Tenggara. Selamat mencoba!

Cover image – Pad Thai via Wikimedia.

Tinggalkan Balasan

WA Qetring Yuk!
WA Qetring Yuk!
Hi Sahabat Qetring! Mau tahu menu lengkap Qetring, area coverage pengiriman & apa kamu bisa dapat gratis ongkir? Kami siap bantu, yuk WA kami! :)