Wisata Kuliner Jogja? Ini Hitlist Jelajah Kulinermu

Jogja adalah gudangnya makanan lezat, sehingga wisata kuliner Jogja selalu menjadi acara wajib para pelancong, apapun tujuan perjalanan mereka. Anda mungkin bingung mau makan apa di Jogja, karena ada begitu banyak pilihan. Nah, jika Anda hanya punya waktu singkat untuk berkunjung ke Jogja, berikut adalah 7 jenis makanan yang wajib Anda coba.

Sate Klathak Jogja

Sate klathak sekilas seperti sate kambing biasa, tetapi keunikannya ada pada cara membuatnya. Sate klathak dibuat dengan menggunakan jeruji besi roda sepeda sebagai tusuknya. Jeruji besi ini berperan sebagai penghantar panas yang lebih sempurna dibandingkan tusuk bambu atau kayu, sehingga potongan-potongan daging matang dengan merata. Hal ini membuat sate kambing terasa lebih enak dan empuk.

Ada cukup banyak tempat untuk menikmati sate klathak di Jogja, tetapi yang paling terkenal adalah Sate Klathak Pak Bari yang berlokasi di dekat Pasar Wonokromo, serta sate Pak De di Jejeran.

Brongkos

Brongkos adalah menu sederhana yang sangat disukai di Jogja. Sayuran ini biasanya terbuat dari daging sapi dan sayuran hijau, dengan kuah santan gurih yang dibumbui berbagai rempah. Hidangan ini cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Sayur brongkos bisa ditemui di berbagai warung makan, namun ada beberapa nama yang cukup dikenal seperti brongkos Warung Bu Padmo di bawah Jembatan Krasak, dan brongkos Warung Handayani di Alun-Alun Selatan dekat area keraton.

Nasi Kucing Jogja

Hidangan “nasi campur” dengan porsi kecil dan harga murah nyaris selalu bisa Anda temukan di berbagai daerah di Indonesia. Di Jogja, hidangan tersebut bernama nasi kucing, karena porsinya yang sangat kecil seolah hanya untuk makanan kucing.

Hidangan ini biasanya berupa sekepal nasi yang ditambahi lauk, seperti tempe kering, mi goreng, tahu, sambal ikan teri atau lauk standar lainnya, lalu dibungkus daun pisang. Porsinya yang kecil membuat harganya sangat murah.

Nasi kucing bisa Anda temukan di berbagai lapak angkringan, yaitu pedagang kaki lima khas Jogja yang biasanya berjualan pada malam hingga dini hari. Menikmati nasi kucing dengan berbagai lauk pendamping dan minuman hangat adalah cara murah meriah menikmati malam di Jogja.

Oseng-Oseng Mercon

Wisata kuliner Jogja tidak lengkap tanpa mencoba oseng-oseng mercon. Sebagai salah satu hidangan unik khas Jogja, oseng-oseng mercon memiliki reputasi cukup “menantang.” Hidangan ini sebenarnya sangat sederhana; hanya terdiri dari bagian-bagian murah seperti kikil, gajih dan kulit sapi.

Namun demikian, oseng-oseng ini dimasak dengan cabai yang sangat banyak, sehingga menjadi sangat pedas dan warnanya sedikit kemerahan. Warung Bu Narti yang berlokasi di Gang Purwodiningratan adalah tempat terkenal untuk menikmati oseng-oseng mercon.

Soto Sulung

Jogja dikenal sebagai gudangnya soto, tetapi salah satu soto paling ikonik di kota ini, bisa Anda temukan segera setelah keluar dari Stasiun Kereta Api Tugu.

Soto sulung adalah soto khas Jogja yang sebenarnya berasal dari resep milik pendatang Madura. Soto ini terkenal karena memiliki kuah agak pekat dan gurih, dengan isian seperti potongan daging, paru, babat, dan usus sapi. Soto ini cocok disantap dengan telur rebus, nasi putih, sambal, dan jeruk nipis.

Anda bisa menemukan soto sulung di berbagai lokasi di Jogja, tetapi yang paling ikonik adalah Soto Sulung Stasiun Tugu, yang juga merupakan kedai soto sulung pertama di Jogja.

Nasi Ayam Goreng Jogja

Nasi putih dan ayam goreng adalah kombinasi umum, tetapi nasi ayam goreng ala Jogja cukup terkenal di kalangan pencinta kuliner. Salah satu yang khas adalah ayam goreng “kremes”, yaitu ayam kampung goreng yang dihidangkan bersama remukan tepung bumbunya. Contoh yang terkenal adalah Ayam Goreng Bu Tini, Ayam Goreng Bu Muryani, dan Ayam Goreng Mbah Cemplung.

Nasi Gudeg Jogja

Bicara soal makanan khas Jogja, Anda pasti tahu nasi gudeg. Gabungan nasi putih dengan lauk khas berupa nangka muda, areh (kuah santan), telur, tahu, ayam dan sambal ini, menyuguhkan sensasi rasa yang unik; ada rasa gurih, manis dan pedas.

Variasi nasi gudeg biasanya ada tiga macam, yaitu gudeg basa, gudeg kering, dan gudeg Solo yang berkuah santan putih.

Anda bisa menemukan gudeg di berbagai penjuru Jogja, tetapi ada beberapa nama yang cukup terkenal, seperti Gudeg Yu Djum, Gudeg Pawon, Gudeg Kendhil, dan Gudeg Bu Djuminten.

 

Itu tadi 7 makanan khas yang jangan sampai Anda lewati saat melakukan wisata kuliner Jogja. Selamat memanjakan lidah dan perut Anda, ya!

Tinggalkan Balasan

WA Qetring Yuk!
WA Qetring Yuk!
Hi Sahabat Qetring! Mau tahu menu lengkap Qetring, area coverage pengiriman & apa kamu bisa dapat gratis ongkir? Kami siap bantu, yuk WA kami! :)