Jalan-jalan ke Semarang? Coba 6 Makanan Ini

Tempat Wisata Kuliner Semarang

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Semarang, misalnya. Siapa sangka, ibukota propinsi Jawa Tengah ini memiliki beragam kuliner yang tak kalah nikmatnya dengan Yogyakarta dan Solo. Selain wingko babad, berikut 6 makanan khas Semarang yang wajib Anda coba:

1. Lumpia Semarang

Jajanan Khas Semarang, Lumpia
Siap santap Lumpia Semarang saat wisata kuliner via upload.wikimedia.org

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kuliner khas Semarang yang satu ini. Lumpia dibuat dari bahan dasar rebung yang dicampur dengan isian lainnya sebagai bahan pelengkap, misalnya telur, daging ayam atau udang dan dibungkus dengan kulit dengan bahan dasar tepung terigu.

Umumnya, lumpia disantap setelah digoreng kering dengan cabai rawit, namun Anda juga bisa menyantapnya dalam keadaan basah atau dikukus. Anda bisa menemukan banyak penjual lumpia Semarang di Jl. MT. Haryono, sentra oleh-oleh khas Semarang di Jalan Pandanaran, atau di dekat Klenteng Tay Kak Sie, tepatnya di Jl. Lombok No.11 yang menjadi produsen lumpia tertua di Semarang

2. Bandeng Presto Semarang

Selain lumpia, makanan khas Semarang yang wajib Anda coba adalah bandeng presto, yaitu ikan bandeng yang dimasak dengan presto untuk melunakkan duri-duri dan tulangnya. Setelah di-presto, ikan bandeng kemudian akan dibungkus dengan plastik kedap udara.

Anda bisa dengan mudah menemukan bandeng presto di sentra oleh-oleh yang berada di Jl. Pandanaran. Bandeng presto yang diproduksi oleh Bandeng Juwana menjadi pilihan utama wisatawan.

3. Nasi Gandul Semarang

Nasi gandul menjadi salah satu kuliner khas Semarang karena sangat sering disajikan pada acara-acara hajatan. Nasi gandul sendiri adalah nasi dengan campuran empal atau jeroan daging sapi yang telah dimasak dengan bumbu rempah dilengkapi dengan siraman kuah santan berwarna kecokelatan yang disajikan pincuk daun pisang.

Anda bisa mampir ke Rumah Makan Nasi Gandul Pak Memet di Jl. Dr.Cipto No.12 atau Nasi Gandul Pak Subur di Jl. K.H. Ahmad Dahlan untuk bisa mencicipi nikmatnya nasi gandul Semarang.

4. Tahu Gimbal

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner khas Semarang satu ini. Tak lengkap rasanya bila ke Semarang tanpa menjajal kuliner khas ini. Tahu gimbal menjadi salah satu makanan tradisional khas Semarang yang paling terkenal.

Makanan ini terdiri dari irisan tahu, gimbal udang, irisan kol, tauge dan lontong yang disiram dengan bumbu kacang. Anda juga bisa meminta tambahan telur dadar atau mata sapi sebagai penambah rasa nikmat kuliner ini.

Keunikan tersendiri dari tahu gimbal adalah cara penyajian gimbal udang yang tidak dipotong menggunakan pisau, melainkan digunting. Anda bisa membuktikannya sendiri saat memesannya.

Kuliner ini bisa Anda temui di banyak tempat, di kota Semarang, salah satunya adalah di Jl. Plampitan.

Jika Anda ingin menyantap tahu gimbal sekaligus menikmati suasana kota Semarang, Anda bisa memilih kawasan Simpang Lima dan di sekitaran Jl. Pahlawan atau Taman Menteri Supeno yang dikenal dengan Taman KB yang berada di Jalan Menteri Supeno nomor 1, Semarang.

5. Gulai Kambing Semarang

Keunikan utama dari gulai kambing Semarang adalah kuliner ini dimasak tanpa menggunakan santan. Kuah kental dari gulai kambing ini adalah hasil parutan kelapa yang disangrai dan ditumbuk bersama dengan bumbu rempah.

Anda bisa mencicipi gulai kambing khas Semarang ini di warung milik Pak Sabar yang berada di kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di belakang Gereja Blenduk.

6. Nasi Kucing Semarang

Makanan dengan porsi nasi dan lauk yang hanya sebanyak dua sendok makan dengan bermacam lauk tambahan ini, sangat digemari oleh masyarakat Semarang, khususnya mahasiswa.

Salah satu warung nasi kucing yang paling terkenal adalah warung nasi kucing Pak Gik yang terletak di Jl. Wotgandul. Anda bisa mencoba nasi kucing ini mulai pukul 23.00 hingga pukul 03.00 dini hari.

Soto Bangkong Semarang
Soto Bangkong Semarang via upload.wikimedia.org

Masih banyak lagi makanan khas Semarang yang bisa Anda jumpai, misalnya wingko babad, tahu pong, dan juga soto bangkong. Jangan lupa untuk mencicipi kelezatan beragam kulinernya jika Anda berkunjung ke Semarang ya!

Cover: Semarang Old Town via upload.wikimedia.org.

Tinggalkan Balasan

WA Qetring Yuk!
WA Qetring Yuk!
Hi Sahabat Qetring! Mau tahu menu lengkap Qetring, area coverage pengiriman & apa kamu bisa dapat gratis ongkir? Kami siap bantu, yuk WA kami! :)