Jajanan Unik Nusantara Sederhana untuk Dicoba di Rumah!

Variasi jajanan unik kuliner pasar Nusantara

Aneka jajanan unik nusantara nan autentik sederhana yang bisa kamu coba buat weekend ini!

Sahabat Qetring, sedang mood untuk eksperimen masak? Berikut 4 resep aneka jajanan unik kuliner khas Nusantara yang tak terlalu sulit dibuat dan yang pastinya nikmat! Tentu, bagi kita para foodies, membahas rupa-rupa kuliner nusantara memang tiada habisnya. Jajanan unik nusantara yang sedari dulu ada, hingga kini masih dilestarikan dengan resep turun temurun. Jajanan unik dulu merindukan akan masa kecil yang lucu, dan penuh canda tawa yang ceria. Jika ingin bernostalgia dengan mencicipi aneka jajanan unik nusantara enak, tetapi mulai sulit ditemui, kamu bisa coba membuat jajanan ini sendiri di rumah. Dengan bahan sederhana dan pembuatan yang mudah, berikut resep dan cara membuat beberapa jajanan unik tradisional favorit!

Jajanan Bandung

1. Cilok Bandung Saus Kacang

Jajanan unik khas Bandung yang mudah ditemui dimana-mana, biasa dijual menggunakan sepeda atau gerobak keliling. Sambil membunyikan suara terompet agar menarik perhatian pelanggang, jajanan ini biasa dijual pada siang hari. Biasanya cilok berisi aneka rupa didalamnya berupa telur puyuh, daging atau gajih, tetapi cilok yang akan kita buat tanpa isian apapun. Bahan yang digunakan berupa tepung terigu, tepung tapioka, irisan seledri, bawang putih yang sudah dihaluskan, air hangat. Semua bahan dicampur, aduk hingga merata lalu uleni sampai bisa dibentuk bola-bola. Siapkan panci dan didihkan air lalu masukan tepung yang sudah dibentuk bola-bola, tunggu hingga mengapung dan angkat. Bahan untuk saus berupa air panas, selai kacang, cabai bubuk, dan kecap manis, campurkan semua bahan aduk hingga merata. Siapkan piring ambil 5-8 cilok dan taburi saus kacang diatasnya. Cilok mempunyai rasa yang enak dan kenyal, ini dibuat tanpa bahan pengawet atau penyedap lainnya. Agar lebih fresh dan baik untuk tubuh.

2. Cimol Bandung (Aci digemol)

Jajanan yang biasa dibawa pedagang menggunakan gerobak keliling, sembari menggorengnya ketika ada pembeli. Jajanan khas Jawa Barat khususnya dataran Sunda menyajikan varian jajanan ringan, yaitu aci digemol yang memiliki arti tepung yang dibulat-bulat. Disantap saat hangat dengan kucuran saus sambal atau bubuk cabai serta mayonnaise, tentu semakin lezat. Jajanan zaman ketika masih duduk dibangku sekolah dasar, tentu bisa mengobati rasa rindu saat masa-masa itu. Bahan yang digunakan berupa tepung kanji, tepung beras, garam, merica, air panas, soda kue, semua bahan diaduk hingga merata dan mengetal lalu bentuk bulat-bulat kecil seperti kelereng. Goreng diatas minyak panas hingga matang, cukup simple bukan cara membuatnya? Praktikan segera dirumah Anda, agar bisa kapan saja mencicipinya.

3. Colenak Bandung

Bandung menjadi salah satu surga kuliner jajanan nusantara dengan berbagai penawaran menunya, seperti colenak khas tanah Sunda Bandung. Colenak sebuah singkatan unik dari “cocol enak” sehingga mudah diingat serta nikmat saat disantap. Colenak sendiri berbahan peuyeum atau tape, gula merah, kelapa parut, santan, daun pandan, garam, margarine. Tape ditekan-tekan lalu dibakar diatas bara api, siapkan panci lalu tuangkan semua bahan dan aduk hingga merata tunggu sampai saus mengental. Tape bakar jangan lupa dibolak balik ya agar tidak terlalu gosong, ketika sudah matang kucuri tape pipih dengan saus gula. Terbayang lezatnya bukan? Simple dan tidak memerlukan bahan yang banyak, Anda bisa segera menyantapnya. Atau bila tidak ingin repot Anda bisa membeli dengan praktis dan tinggal melahapnya.

3. Wajit Cililin

 Jajanan Bandung wajit cililin biasa dijadikan ajang buah tangan, tentu masuk kedalam daftar menu oleh-oleh Anda bukan? Wajit yang tersohor karena keunikan serta rasa yang lezat tentu banyak dicari oleh para penggemarnya, rasa manis, legit serta kenyal, rasa yang ditawarkan cukup membuat hati senang. Dengan pembungkus wajit dari daun jagung ini menjadi sangat unik dan mudah dikenali oleh lapisan masyarakat. Bahan yang digunakan berupa beras ketan, gula merah, gula putih, parutan kelapa, serta air, kemudian siapkan wajan campurkan semua bahan panaskan diatas bara api hingga mengental. Wajit ini sangat populer di daerah alun-alun Cililin, Jl. Sasak Bubur, Bandung Jawa Barat. Harga yang ditawarkan sangat pas disaku bawaan, Anda akan dibuat menyesal bila melewatkan jajanan manis yang satu ini.

4. Piscok (Pisang Coklat)

Jajanan khas Bandung yang selalu ada disaat menjelang sore tiba, sembari dinikmati dengan secangkir teh atau kopi hangat yang rasanya menjadi kian nikmat. Salah satu jajanan pinggir jalan yang dijajakan pedagang kaki lima menggunakan gerobak, tetapi tidak dijajakan secara berkililing. Rasa piscok yang ditawarkan tidak hanya selai coklat, ada bluberry, strawberry, nanas, kacang, ketan hitam manis, keju. Bahan yang digunakan berupa pisang uli, kulit lumpia, mesis ceres, aneka selai, minyak goreng. Bentangkan kulit lumpia susun pisang dengan selai lalu lipat kulit secara melintang agar bahan didalamnya tidak keluar saat digoreng. Siapkan minyak goreng dengan api sedang bolak balik hingga warna luar kecoklatan, lalu angkat dan siap disajikan. Cukup mudah bukan? Para penjual aneka piscok siap memanjakan lidah pecinta jajanan kuliner Bandung.

Jajanan Nusantara

1. Combro & Misro Ala Jawa

Siapa yang tidak mengenal jajanan unik nusantara yang satu ini? Pecinta negeri khususnya daerah Jawa, tentu mengetahui jajanan unik yang bercita rasa pedas dan manis. Combro dan misro layaknya dua orang sejoli yang saling melengkapi, disaat kamu menyantap combro isi pedas lalu menetralkan rasa dengan memakan misro manis. This is the best couple, karena dalam suatu forum jual beli mereka selalu berdua. Membuat combro sangat mudah, bahan yang diperlukan berupa singkong parut yang sudah diperas sarinya, garam, minyak goreng, cabai rawit tumbuk agak kasar, irisan bawang merah, wortel yang dipotong dadu, daun bawang cingcang, daging suwir tumbuk kasar. Tumis semua bahan kecuali singkong, setelah bahan merata ambil 1 sdm singkong parut dan tambahkan isi sayuran. Bnetuk memanjang dan goreng hingga warna kecoklatan. Bahan untuk membuat misro berupa singkong parut aduk dengan garam, bentuk bulat adonan tambahkan isi gula merah, dan goreng dengan minyak yang mendidih. Cukup simple bukan membuat combro dan misro ini? Selamat mencoba dan mencicipinya.

2. Apem Pelangi Legit

Kue tradisional dengan pencampuran oleh 2 kultur, India dan Indonesia khususnya pulau Jawa. Hingga kini telah tersebar seantero nusantara, yang menjadikannya jajanan unik khas Indonesia. Rasa legit dan manis menjadikan primadona tersendiri untuk kue apem, pasalnya hampir semua orang menyukai kue cantik dan lembut ini. Banyak warna yang ditawarkan kue apem ini berupa pink, hijau dan coklat. Bahan yang digunakan berupa tepung terigu, tepung beras, pewarna makanan, air, gula, ragi, tape singkong yang sudah dihaluskan, baking powder, daun pandan. Didihkan air bersama gula dan daun pandan, lalu masukan semua bahan dengan satu pewarna makanan. Aduk hingga merata dan matikan api, diamkan selama 30 menit tutupi adonan menggunakan kain. Ikuti cara yang sama dengan ewarna makanan selanjutnya. Kukus adonan dengan cetakan mangkuk selama 20 menit, Kue apem pelangi legit siap disajikan.

3. Bika Ambon Medan

Kue Bika Ambon
Bika Ambon yang Manis, Berwarna Serat Kuning

Jajanan nusantara yang tidak kalah enak dengan jajanan unik lainnya, bika ambon yang terkenal untuk oleh-oleh dari kota Medan Sumatera Barat. Kue anggun nan cantik berwarna kuning dan mempunyai serat didalamnya, Bika Ambon menawarkan rasa manis dan lembut ketika menyantapnya. Kue ini bisa disajikan pada acara hari raya besar, atau untuk sarapan dengan teh hangat. Bahan dan cara membuat kue ini berupa ragi instan, tepung terigu, air aduk hingga rata dan diamkan selama 1jam, ditempat terpisah siapkan kuning telur, garam, vanili bubuk, gula pasir aduk semua bahan hingga mengembang dan campur dengan adonan sebelumnya, lalu tambahkan tepung tapioka aduk hingga tidak berbutir. Siapkan panci untuk memasak santan, batang serai, daun pandan, daun jeruk setelah masak dinginkan, tambahkan kedalam adonan sebelumnya bersama pewarna kuning telur dan diamkan kurang lebih 4 jam. Panaskan cetakan yang sudah diolesi minyak kedalam panggangan yang dialasi pasir, Tuangkan adonan tunggu adonan berlubang atau berserat lalu angkat. Siapkan oven dnegan api atas, panggang sebentar hingga warna berubah kecoklatan. Siapkan wadah, potong-potong dan bika ambon siap disajikan. Sedikit rumit dalam membuatnya, tetapi semua terbayar oleh rasa yang ditawarkan bika ambon ini. Selamat mencoba.

4. Ongol Ongol

Cantiknya jajanan unik Ongol-Ongol, via Wikimedia.

Siapa sih yang tidak kenal jajanan unik yang satu ini? Bentuk ongol-ongol seperti segi empat dengan aneka warna lucu seperti coklat, hijau, merah, serta mempunyai tekstur lembut dan kenyal sehingga memudahkan saat menelannya. Jajanan khas Jawa Barat ini memang sangat populer dari dulu hingga sekarang, citarasa manis dari gula jawa membuat rasanya semakin lezat. Bahan dasar ongol-ongol adalah tepung sagu aren kering, daun pandan, kelapa, garam, air, gula jawa, kelapa parut, gula pasir. Jajanan kaki lima yang dijajakan dipinggir jalan, hingga kini masih dilestarikan. Kini banyak juga kedai bahkan restoran yang menjual aneka ongol-ongol, bila kamu ingin bernostalgia saat masa kecil kamu bisa mencicipi ongol-ongol ini ya.

Nah, jajanan yang manakah yang sudah kamu coba atau ingin kamu buat weekend ini? Simak juga berbagai resep lainnya dari berbagai inspirasi Qetring disini!

Cover image: Kaya warna jajanan unik khas Nusantara via Wikimedia.

Tinggalkan Balasan

WA Qetring Yuk!
WA Qetring Yuk!
Hi Sahabat Qetring! Mau tahu menu lengkap Qetring, area coverage pengiriman & apa kamu bisa dapat gratis ongkir? Kami siap bantu, yuk WA kami! :)