Resep Cheese Cake Lumer, Japanese Cheese Cake, & New York Cheese Cake: 3 Resep Kue Cheese Cake Paling Kekinian & Creamy

3 Variasi Resep Cheese Cake Rumahan yang Bisa Dicoba saat Akhir Pekan!

Bagi Sahabat Qetring yang paling suka cheese cake, kali ini Qetring siapkan 3 variasi resep cheese cake mudah dan sederhana, namun tetap lembut dan creamy. Japanese Cheese Cake misalnya, sempurna bila dinikmati dengan green tea favoritmu di sore hari. Atau New York Cheese Cake, bisa disantap dengan hot chocolate hangat kesukaan atau black coffee untuk brunch. Ada juga resep cheese cake lumer, salah satu variasi cheese cake yang mudah pembuatannya, praktis, dan cantik. Bagi yang belum familiar, kue dessert lezat yang biasa disantap di akhir jamuan makan, usai menyantap menu utama. Seperti hidangan cuci mulut lainnya, cheese cake punya rasa manis dan tekstur lembut super creamy. Berbahan dasar keju, susu, telur, serta gula, cheese cake kini menjadi santapan yang disukai banyak orang dan sering terlihat di berbagai coffee shops.

Resep Cheese Cake Lembut Klasik, New York Style

Apakah keunikan New York Cheese Cake dibanding kue cheese cake biasa? Mulai dari proses pemasakannya, New York Cheese Cake dimasak dengan cara dipanggang, lain dengan cheese cake biasa yang umumnya diproses dengan teknik au bain marie atau pemanggangan dengan air panas. Alhasil, original cheese cake teksturnya relatif lebih lembut dan condong seperti custard.

Bahan Resep Cheese Cake New York yang diperlukan:

Untuk adonan New York cheese cake:

  • 900 gram cream cheese yang sudah di suhu ruang
  • 250 gram gula pasir
  • 3 sdm tepung maizena pilihan
  • 2 sdt ekstrak vanili
  • sedikit kulit lemon yang sudah diparut
  • 3 telur ayam, ditambah dengan 1 kuning telur
  • 180 gram sour cream

Untuk alas New York Cheese Cakemu:

  • 150 gram biskuit yang telah dihaluskan (bisa biskuit Marie)
  • 2 sdm gula pasir
  • 60 gram butter yang sudah dicairkan

Cara Membuat Cheese Cake New York:

  1. Campur semua bahan crust untuk alas New York Cheese Cakemu, lalu tata dan tekan di loyang bundar yang telah kamu siapkan untuk New York Cheese Cake. Setelah rata, masukkan ke dalam freezer selama 15 menit agar sempurna bentuknya.
  2. Mulai panaskan ovenmu.
  3. Dengan urutan yang sama dengan bahan resep adonan cheese cake diatas, pelan-pelan mulai kocok cream cheese dan gula pasir hingga mengembang.
  4. Tambahkan tepung maizena, ekstrak vanili, dan lemon zest yang tadi telah kamu siapkan.
  5. Pelankan mixermu, lalu masukkan telur satu per satu.
  6. Tambahkan sour cream dan lanjut kocok hingga rata.
  7. Tuang adonan cheese cake ini ke loyang yang tadi telah kamu siapkan.
  8. Panggang kue New York Cheese Cakemu di oven. Mulai dengan memanggang selama 10 menit di 200C, lalu 25 menit di 110C.
  9. Matikan oven, biarkan New York Cheese Cakemu selama 1 jam dalam oven tertutup.
  10. Keluarkan dari oven, biarkan Cheese Cake dingin ke suhu ruang, lalu masukkan ke dalam Kulkas selama 7 jam sebelum siap disantap.

Resep Cheese Cake Lumer 

Resep Cheese Cake Lumer yang satu ini menggunakan lapisan dan topping biskuit oreo yang sudah dihaluskan. Namun, kamu juga bisa mensubstitusi resep cheese cake lumer ini dengan topping lainnya, seperti buah-buahan (alpukat salah satu pilihan populer topping cheese cake lumer) atau selai buah favoritmu. Di bulan Ramadhan, kamu bahkan bisa memodifikasi resep cheese cake lumer ini dengan mengubah topping cheese cake lumernya dengan kurma!

Resep cheese cake lumer

Bahan Resep Cheese Cake Lumer yang diperlukan:

Untuk adonan Cheese Cake Lumer:

  • 100 gram keju, parut
  • 60 gram susu bubuk full cream
  • 80 ml susu kental manis
  • 400 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • Sejumput ekstrak vanili
  • 3 sdm tepung maizena (larutkan dengan sedikit air di suhu ruang)
  • 3 sdm gula pasir (bisa kamu sesuaikan dengan seleramu)

Untuk topping Cheese Cake Lumer

  • biskuit Oreo tanpa krim, haluskan menjadi bubuk
  • keju parut
  • cokelat bubuk
[instagram url=https://www.instagram.com/p/BkKOOE9F6Yt/ hidecaption=true]

Cara Membuat Cheese Cake Lumer:

  1. Dalam panci, masukkan semua bahan adonan cheese cake lumer, kecuali tepung maizena.
  2. Aduk hingga rata dan panas, lalu masukkan larutan tepung maizenamu yang sudah diencerkan, lalu masak hingga kental dan panas.
  3. Dinginkan dan mulai tuang adonan cheese cake lumermu ke tempat yang sudah kamu sediakan, selingilah adonan cheese cake lumermu dengan topping yang telah kamu pilih.
  4. Simpan didalam kulkas selama 4 jam agar cheese cake lumermu memiliki bentuk yang solid nan lembut.
  5. Cheese cake lumermu pun siap dinikmati!

Resep Japanese Cheese Cake yang creamy & lembut

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BkJh0PZnwFe/ hidecaption=true]

Coba resep Japanese Cheese Cake yang satu ini, lalu sajikan dengan green tea hangat di sore hari.

Bahan Resep Japanese Cheese Cake yang diperlukan:

Untuk adonan Japanese Cheese Cake:

  • 200 gram cream cheese, dalam suhu ruang
  • 60 ml susu cair, full cream
  • 100 gram gula pasir halus
  • 1/2 sdt cream of tartar
  • 3 telur, pisahkan kuning dan putih telur
  • 2 sdm sari buah lemon
  • 590 ml air, didihkan
  • 35 gram tepung maizena

Untuk lapisan atas atau glaze Japanese Cheese Cakemu:

  • buah-buahan untuk topping (kiwi, peach, strawberry, atau sesukamu)
  • 4 sdm selai buah, campur dengan 1 sdm air

Cara Membuat Fruit Japanese Cheese Cake:

  1. Mulai kocok adonan Japanese Cheese Cakemu dengan cream cheese dan susu hingga lembut. Pelan-pelan, tambahkan campuran gula (50 gram saja), tepung maizena, sari lemon, dan kuning telur ke dalam adonan dan kocok terus hingga rata.
  2. Siapkan ovenmu ke 180C.
  3. Di tempat berbeda, kocok putih telur hingga berbusa.
  4. Pelan-pelan tambahkan sisa 50 gram gula pasir tadi, beserta cream of tartar ke dalam adonan putih telur. Kocok terus hingga tercipta soft peak, kira-kira 10 menit.
  5. Tuang adonan putih telur tadi ke adonan cream cheese, aduk rata, lalu tuang ke dalam loyang yang telah diolesi mentega cair.
  6. Panggang dengan metode au bain marie agar kuemu tetap lembut dan tak retak, dengan menaruh loyang adonan Japanese Cheese Cakemu dalam loyang yang lebih besar. Dalam loyang yang lebih besar tersebut, isi air hingga kira-kira setengah tinggi dari loyang adonan cheese cakemu.
  7. Panggang kira-kira 40 menit, sambil mengecek terus kematangan Japanese Cheese Cakemu.
  8. Setelah matang, biarkan dingin ke suhu ruang hingga kuemu lebih padat. Olesi glaze cheese cake tadi dan lengkapi Fruit Japanese Cheese Cakemu dengan berbagai topping buah segar!

Filosofi Dibalik Resep Cheese Cake

Meskipun terdapat embel-embel cake pada namanya, cheese cake bentuknya tidak seperti bolu atau kue lain yang dipanggang. Secara tekstur, cheese cake lebih mirip pai atau custara. Cara memasaknya pun ada 2, dipanggang dan tidak. Tapi, dipanggang atau tidak, cheese cake harus didinginkan di lemari es sebelum disantap.

Namanya cheese cake, tentu saja salah satu bahan membuatnya adalah keju. Umumnya, cheese cake dibuat dengan memakai keju krim, tapi itu bukan hal yang wajib, kok. Kamu juga bisa menggantinya dengan keju jenis lain, seperti keju ricotta, mascarpone, quark, dan varian keju lainnya.

Cheese cake adalah kudapan yang cocok disantap saat masih dingin (baru keluar dari kulkas). Selain dimakan sebagai pencuci mulut, makanan ini juga enak disantap saat siang hari saat cuaca panas. Rasa manis yang berpadu dingin akan membuat tenggorokan segar.

Itulah alasan kenapa banyak resto yang menawarkan menu cheese cake. Tidak hanya lezat dan bergizi, kue impor ini juga cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Eits, meski terdengar sangat Eropa, membuat cheese cake ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Buat yang ingin menjajal kudapan ini langsung dari dapur sendiri, variasi resep cheese cake di bawah bisa lho dijadikan referensi.

Teknik Memasak Cheese Cake

Cheese cake bisa dibuat dengan cara dipanggang atau langsung dimasukkan ke lemari pendingin. Biasanya, cheese cake dipanggang dengan alat yang bernama bain marie. Alat ini bisa menghasilkan kue berwarna cokelat dan mencegah retak pada permukaan cheese cake karena efek basah yang dihasilkannya.

Yang kedua adalah teknik memasak cheese cake dengan cara langsung dimasukkan ke lemari pendingin tanpa dipanggang lebih dulu. Tapi, apa pun cara memasaknya, cheese cake tetap harus disimpan minimal 4 jam dalam kulkas sebelum dimakan. Ketika disimpan, bagian dalam cheese cake akan memadat.

Tips Cara Membuat Cheese Cake Anti-Retak

Sebetulnya cheese cake termasuk kue yang mudah dibuat, lho. Asal teliti dan mengikuti setiap prosesnya dengan baik, Anda bisa kok menghasilkan cheese cake yang lezat dan antiretak, langsung dari dapur sendiri. Nah, untuk itu ada baiknya menyimak kesalahan-kesalahan yang bisa membuat cheese cake retak:

Jangan berlebihan mengocok adonan resep Cheese Cakemu

Terlalu lama mengocok adonan cheese cake akan membuatnya kelebihan gelembung. Alhasil, terciptalah banyak udara dalam adonan. Udara berlebihan inilah yang membuat permukaan cheese cake menjadi retak.

Jadi sebaiknya jangan menggunakan mixer dalam kecepatan tinggi. Pelan saja asal tidak ada adonan atau tepung yang menggumpal, itu tandanya cheese cake sudah bisa dipanggang.

Perhatikan suhu oven pangganganmu

Suhu oven yang terlalu tinggi juga akan membuat permukaan cheese cake retak. Sebab saat dipanggang, protein yang ada dalam putih telur akan lepas dan bercampur dengan protein lain dan membentuk jaringan-jaringan baru. Nah, semakin panas suhu oven, jaringan ini akan semakin erat ikatannya, sampai membuat retak permukaan kue.

Idealnya, cheese cake dipanggang pada suhu 160 derajat celcius. Selain itu, Anda juga menyiasatinya dengan cara lain, yaitu menaruh wadah berisi air panas di bawah loyang saat pemanggangan berlangsung. Dengan begitu, hawa panas akan terserap oleh air dalam wadah.

Diamkan dulu Cheese Cakemu sebelum masuk kulkas

Setelah jerih payah membuat Cheese Cakemu, wajar saja bila kamu ingin segera menyantap cheese cake hasil buatanmu. Namun tunggu dulu, sebelum kamu santap, cheese cake yang baru keluar dari oven perlu didiamkan selama 1 jam sampai panasnya hilang dan lalu dimasukkan ke dalam kulkas selama setidaknya 6 jam. Langsung memasukkan cheese cake yang baru matang ke kulkas akan membuatnya retak dan susah diangkat dari loyang.

Nah, itu dia 3 variasi resep cheese cake yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Sudah siap membuat cheese cakemu sendiri? Yuk eksekusi. Semoga berhasil & bon appetit!

Tinggalkan Balasan