Persiapan Pernikahan: 14 Wedding Checklist Lengkap Untuk Momen Pernikahan Spesialmu!

Persiapan Pernikahan: the wedding checklist

Untuk momen pernikahanmu yang paling spesial dan sekali seumur hidup, yakin persiapan pernikahanmu sudah matang? Untuk menciptakan momen pernikahan yang tak terlupakan dan jadi #weddinggoals, kamu perlu persiapan pernikahan lengkap, menyeluruh, tanpa terlupa sesuatu apapun. Di balik setiap dekorasi, detail motif gaun, hingga pemilihan kata-kata dalam souvenirmu, terdapat persiapan pernikahan yang mendetail dan seksama.

Saat kamu memulai persiapan pernikahanmu, kamu akan mulai menyadari betapa banyaknya pilihan yang harus diputuskan (dan disiapkan!) di hari pernikahanmu. Berikut wedding checklist yang bisa membantumu mempersiapkan weddingmu mulai dari A sampai Z, mulai dari desain undangan, daftar tamu pernikahan, decor acara resepsi pernikahanmu, sampai gaun wedding spesial yang didesain khusus untukmu, agar momen perkawinanmu semakin berkesan!

1. Persiapan pernikahan pertama: datang ke pameran pernikahan atau wedding expo

Sebelum kamu memulai persiapan pernikahanmu, mulailah kumpulkan informasi dan konsultasi dengan berbagai vendor-vendor pernikahan. Cara terbaik? Lihat jadwal pameran pernikahan terdekat di kotamu, dan luangkan waktu di akhir pekan untuk mulai mampir ke pameran-pameran ini. Sebagai seorang calon pengantin, kamu bisa mulai berkonsultasi, melihat portfolio dan produk-produk dari berbagai penyedia jasa pernikahan di pameran. Kumpulkan informasi dan mulailah pertimbangkan mengenai budget pernikahan impianmu. Segera tentukanlah budget pernikahanmu, sehingga pemilihan vendor dan lokasi acara menjadi lebih mudah. Ditambah lagi, kamu bisa lebih hemat dalam budget persiapan pernikahanmu, karena banyak vendor wedding yang memberi special package dan offers di pameran-pameran wedding ini.

2. Memilih tanggal resepsi pernikahan dan catatan sipilmu

Dalam memulai journey persiapan pernikahanmu, mulailah dengan memasang timeline atau schedule pernikahanmu dan menghitung mundur tenggat waktu hal-hal yang harus kamu persiapkan. Tanggal yang paling penting tentulah tanggal resepsi pernikahanmu. Apakah kamu tipe yang menyukai tanggal simbolis seperti 11-11-2011 dan 14 Februari alias Valentine’s Day, atau tipe praktis yang bebas memilih tanggal? Jangan lupa untuk mulai membuat checklist semua hal yang harus kamu siapkan dan cek progress persiapan pernikahanmu dari minggu ke minggu!

3. Memilih Venue atau Wedding Hall lokasi resepsi pernikahanmu

Bagaimanakah kamu membayangkan acara resepsi pernikahanmu? Atau, apakah kamu sudah punya daftar lokasi-lokasi impian favoritmu untuk melaksanakan weddingmuOutdoor garden party in the city? Atau resepsi dengan prosesi tradisi Bali ditemani sunset dan keluarga tercinta? Mungkin kamu lebih senang merayakan acara pernikahanmu di rumah bersama keluarga besar dan teman?

Hal yang pertama-tama harus kita pikirkan dalam proses persiapan pernikahan adalah wedding venuemu, alias tempat lokasi digelarnya acara pernikahanmu, karena proses ini membutuhkan cukup banyak waktu. Apakah kamu ingin menggelar acara pernikahanmu di rumah, ataukah di hotel atau gedung acara? Mulai persiapan pernikahanmu dengan berkomunikasi dengan wedding hall vendors dan menanyakan jadwal, harga, fasilitas, dan ketersediaan ruang resepsi pernikahan sesuai dengan tanggal resepsi idealmu! Konsultasikan juga mengenai dekorasi, nuansa, dan tema pernikahan yang ada di bayanganmu, untuk memastikan wedding hall vendor tersebut dapat merealisasikan visi wedding daymu. Banyak faktor yang bisa menjadi pertimbangan memilih resepsi pernikahan, misalnya, bila banyak tamumu datang dari luar kota atau luar negeri, merayakan resepsi pernikahanmu di hotel tentu akan lebih mudah bagi mereka. Carilah tempat lokasi pernikahan yang strategis, apalagi bila banyak tamu-tamu pernikahanmu terpusat di satu area. Namun yang pasti, lebih pagi kamu mulai menghubungi vendor-vendor resepsi pernikahan idealmu, akan lebih banyak pilihanmu!

 

 

 

A post shared by Kusuma Dewi ?? (@weddingkusumadewi) on

 

4. Membuat list tamu undangan pernikahanmu

Checklist persiapan pernikahanmu yang satu ini penting dan harus hati-hati dibuat, jangan sampai ada anggota keluarga atau teman yang lupa terundang! Mulailah mengumpulkan daftar nama keluarga dan teman dari sisi keluarga dan sisi keluarga pasanganmu, lalu mulailah untuk membuat satu master list tamu undangan pernikahanmu di spreadsheetHati-hatilah dengan ejaan atau spelling penamaan tamumu, serta jumlah tamu yang bisa dibawa undanganmu, beserta alamat undangan tersebut dikirimkan. Setelah desain dan printing undangan pernikahanmu rampung, mulailah menghubungi tamu-tamu undangan prospektifmu agar mereka dapat segera save the date dan hadir di acara pernikahan spesialmu! Tentu, menentukan siapa saja yang akan datang ke acara pernikahanmu penting untuk kamu ketahui mulai dari awal proses persiapan pernikahanmu, karena jumlah tamu mempengaruhi besarnya ruang resepsi pernikahan yang akan kamu sewa, jumlah konsumsi catering yang kamu pesan, serta souvenir yang harus dibagikan.

5. Prosesi Lamaran Pernikahan: Siapkan Seserahan Pernikahanmu 

Salah satu tradisi lamaran sebelum hari pernikahanmu, seserahan atau hantaran pernikahan ini sebenarnya merupakan simbol komitmen pernikahan dan bekal untuk masa depan pernikahan, beserta kesempatan yang baik bagi kedua keluarga untuk lebih lagi mengenal satu sama lain. Isi hantaran seserahan pernikahanmu dengan barang-barang bermakna yang kira-kira disukai dan berguna bagi calon pasanganmu. Salah satu isi seserahan pernikahan yang paling umum, perhiasan, buah, beserta makanan menjadi simbolis dan seserahan pernikahanmu rasanya belum lengkap tanpa mereka. Apapun isi hantaran pernikahanmu, pastikan seserahanmu berguna dan bermakna bagi calon pasanganmu ya!

6. Mulailah desain undangan pernikahanmu

Sembari kamu dan keluargamu merampungkan daftar tamu undangan pernikahan, mulailah memikirkan desain undangan pernikahanmu, yang unik dan identik, serta kamu dan pasanganmu sukai. Bila kamu memiliki budget berlebih untuk undangan pernikahan yang majestic dan grand, mungkin kamu ingin meminta graphic designer untuk mendesain undangan pernikahan spesial untukmu? Untuk pasangan yang lebih suka dan condong ke do-it-yourself, mendesain undangan pernikahanmu sendiri tidaklah sulit namun membutuhkan sedikit lebih banyak waktu. Mulailah research dan browsing desain-desain undangan pernikahan yang kamu sukai, lalu carilah template design yang cocok dengan nuansa dan theme undangan pernikahanmu tersebut. Saat desain undangan pernikahanmu sudah ditentukan, pastikan untuk mengkonsultasikan desain tersebut dengan vendor printingmu dan lihat sampel hasil produksinya agar cetakan undangan pernikahan sesuai dengan keinginanmu.

 

 

7. The Wedding Dress, gaun pernikahan tailored untukmu

List persiapan pernikahan apapun tidak lengkap tanpa gaun pernikahan yang manis. Mengenai wedding dressmu, berilah waktu cukup agar kamu bisa mendapatkan desain & matching accessoriesbeserta wedding makeup yang sesuai dengan style dan seleramu. Seperti halnya dengan persiapan pernikahanmu yang lain, apakah kamu memiliki mimpi atau bayangan tertentu mengenai gaun pernikahanmu? Adakah budget tertentu yang harus kamu ikuti, ataukah mungkin kamu memiliki designer gaun pernikahan impian yang ingin kamu pakai di pelaminannmu? Setelah resepsi pernikahanmu, apakah kamu masih mau menyimpan dan merawat wedding dressmu itu? Mungkin kamu punya desain gaun tertentu yang kamu ingin pakai, sesuai dengan selera dan body shapemu?

Bila waktu persiapan pernikahanmu relatif singkat, mungkin membeli atau menyewa gaun pernikahan menjadi satu pilihan yang tepat, praktis, dan risk-free. Namun bila kamu punya angan-angan atau design wedding dress tertentu yang ingin kamu pakai di hari terpentingmu, mungkin menjahit gaun pernikahanmu sendiri menjadi pilihan paling tepat.

Bila kamu memutuskan untuk menjahit gaun pernikahanmu sendiri di tailor atau penjahit, tentu kamu mulai harus memikirkan mengenai kain dan bahan gaun yang ingin kamu pakai untuk gaunmu — seperti warna, motif, atau tipe kain yang kamu inginkan, entah itu sutera atau brokat. Padu padankan gaun pernikahanmu dengan jewelry dan accessories beserta flower bouquet megah nan cantik, dan kamu siap untuk hari pernikahanmu!

 

 

8. Your Wedding Look: Pilih makeup wedding look & artistmu

Jadi sekarang kamu telah memutuskan gaun pernikahan, accessories, dan jewelrymu. Next stepmu adalah mencari wedding makeup artist yang mengerti selera dan fitur wajahmu. Mulailah browse portfolio-portfolio contoh makeup yang telah mereka lakukan, dan mulai berkomunikasi dengan mereka agar mereka bisa memberi saran dan test makeup wedding lookmu. Pastikan kamu merasa sreg dan cocok dengan riasan makeup pernikahanmu, dan luangkanlah waktu untuk berkonsultasi dengan setidaknya beberapa wedding makeup artist yang kira-kira cocok dengan seleramu.

Bila kamu sudah memutuskan riasan pernikahan dan wedding makeup artistmu, koordinasikanlah riasan rambutmu dengan aksesoris rambut sepadan serta veil atau aksesoris lainnya yang telah kamu pilih. Bila pernikahanmu punya tema atau color theme tertentu, jangan lupa untuk mengkoordinasikan gaun bridesmaids beserta jas dan gaun keluargamu!

9. Planning bulan madumu: dimana destinasi wedding honeymoon favoritmu?

Seperti apakah kamu dan pasangan tercintamu? Apakah kalian tipe workaholic yang saking sibuknya, di hari Senin setelah pernikahan kalian harus kembali bekerja? Atau, apakah kalian tipe avid traveler alias wisatawan sejati yang selalu merencanakan long weekend dan liburan akhir tahunmu dengan seksama? Saat sedang fokus dengan persiapan pernikahanmu, jangan sampai persiapan honeymoonmu terlupakanRayakan bulan madumu dengan caramu sendiri, entah itu dengan keluarga dan teman tercinta, atau dengan berwisata sejenak di Bali, Raja Ampat, atau destinasi luar negeri favoritmu. Ingin jalan-jalan di samping Sungai Seine untuk bulan madumu, atau makan street food di Tokyo? Yang pasti, mulailah planning dan persiapkan honeymoonmu sekarang agar kamu bisa mendapatkan best deal untuk tiket pesawat, hotel, dan atraksi wisatamu!

A post shared by Cris (@crissilveira) on

 

 

 

A post shared by Alexander Remnev ✕ Travel (@a_remnev) on

 

10. Administrasi Catatan Sipil: siapkan dokumen & data yang diperlukan untuk legalitas pernikahanmu

Persiapan pernikahan yang satu ini memang tidak semudah list persiapan yang lain, namun penting dan lebih baik tidak ditunda. Lebih awal kamu mengetahui proses dan data-data yang diperlukan untuk legalitas pernikahanmu, lebih mudah nantinya untukmu. Misalnya saja, kamu membutuhkan beberapa macam surat keterangan, beserta data-data diri seperti akte kelahiran, kartu keluarga, pas foto dan KTP. Beri waktu cukup dan mulailah research mengenai surat-surat dan data yang harus kamu penuhi untuk keperluan catatan sipil.

11. The Wedding Ring: Cincin pernikahan spesial di jari manismu

Cincin pernikahanmu, simbol ikatan dan komitmen dirimu dan pasanganmu dalam memulai perjalanan hidupmu yang baru bersama. Seperti apakah desain dan material cincin pernikahan impianmu? Telahkah kamu dan pasanganmu mempersiapkan cincin pernikahan? Apakah ada budget tertentu yang harus kamu taati? Mulai dari cincin pernikahan berlian dari Tiffany’s sampai cincin historis turun temurun dari keluargamu, pikirkan ukuran, desain, dan engraving apakah yang ingin kamu tulis di cincin pernikahanmu.

 

12. Logistik Hari H: Schedule, transport & akomodasi tamu undanganmu

Salah satu hal yang terpenting dalam checklist persiapan pernikahanmu: para tamu undanganmu yang ikut merayakan momen spesialmu. Jangan lupa merencanakan transportasi rombongan pernikahan dan tamu undanganmu di hari pernikahan, terlebih bila banyak dari tamumu datang dari luar kota atau luar negeri. Buatlah schedule mendetail untuk persiapan H-1 dan hari H pernikahanmu dan berilah gambaran schedulemu secara umum kepada tamu undanganmu. Rencanakan akomodasi tamumu, beserta bagaimana mereka dapat pergi ke resepsimu dengan mudah dari lokasi akomodasi mereka. Sebagai bentuk apresiasi kehadiran mereka, mudahkanlah mereka dalam menghadiri momen spesial kalian berdua,

13. Souvenir pernikahanmu: memento hari spesialmu

Bila kamu bisa memilih satu barang yang bisa dibawa oleh tamu undanganmu pulang dan mengingatkan mereka lagi mengenai hari spesialmu, apakah itu? Pemilihan souvenir pernikahan terlihat simple dan mungkin sepele, namun souvenir pernikahan sebenarnya penting sebagai memento yang menyimbolkan kalian berdua sebagai pasangan yang memulai hidup baru bersama. Pilihlah suatu souvenir pernikahan yang unik dan identik dengan kalian berdua, entah itu gelas dengan ukiran tulisan nama kalian berdua, T-shirt dengan foto kalian berdua, coaster mug cantik dengan nama kalian, atau tempat lilin cantik dengan love quote spesial milik kalian berdua.

 

 

A post shared by Weddings (@weddings.4u) on

 

 

14. Persiapan pernikahan foto prewedding: abadikan momen manismu dalam kamera

Untuk foto preweddingmu, konsep apa yang ingin kamu gunakan? Sederhana, sentimental, nan romantis dengan backdrop fotografi simple, fun dan ceria, atau fashionable in floral? Berikut beberapa inspirasi foto prewedding yang manis, romantis, dan definitely #preweddinggoals.

 

 

 

A post shared by Uhty (@uhty_zhu) on

 

Journey persiapan pernikahanmu #weddinggoals

Jadi, dari sekian checklist persiapan pernikahan ini, manakah yang belum kamu lakukan? Pastikan kamu setidaknya telah menyelesaikan proses persiapan pernikahanmu dua minggu sebelum hari H, agar setelahnya kamu bisa fokus mempersiapkan dirimu dan bersilaturahmi dengan keluarga besarmu! Luangkan sedikit waktu untuk berkomunikasi secara singkat dengan vendor-vendor wedding yang telah kamu pilih agar appointment dan persiapanmu semua sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Mulai dari budget, pemilihan venue pernikahan, hingga design undangan pernikahan dan tradisi hantaran atau seserahan pernikahan, apakah ada persiapan pernikahan yang kami lupakan? Meski pernikahan membutuhkan persiapan dan planning yang sangat matang, ingatlah selalu untuk menikmati setiap momen menjelang pernikahanmu, dan jadikan momenmu berkesan bersama pasangan, keluarga, dan teman tercinta. Happy wedding!

Tinggalkan Balasan