8 Oleh-Oleh Khas Nusantara Unik & Populer

Kue Bika Ambon

Sedang berwisata di tanah air? Membawa buah tangan menjadi hal yang wajib dilakukan ketika Anda berkunjung ke suatu daerah. Setiap daerah di Indonesia kaya akan warisan kuliner yang unik, dan tentu tak hanya cendera mata, oleh-oleh kuliner menjadi salah satu souvenir yang wajib kita bawa sepulang dari wisata kita.

Ketika berwisata ke salah satu kota di nusantara, Anda pasti tak akan puas hanya mencicipi wisata kulinernya tanpa membeli camilan tambahan untuk dibawa pulang. Nah, berikut 8 oleh oleh khas nusantara yang unik dan populer yang patut Anda coba:

Pie Susu Bali

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Bali, oleh-oleh khas Bali yang satu ini, pasti tidak akan pernah Anda lewatkan. Pie susu bali memiliki rasa manis dan gurih, sangat cocok dihidangkan bersama dengan teh hangat atau kopi.

Kue andalan Pulau Dewata ini juga bisa disantap dalam keadaan dingin, karena meskipun keras dan dingin di bagian tengahnya tak membuat kelezatan kue ini berkurang. Pie Susu Dhian dan Pie Susu Olive merupakan dua dari berbagai merk kue pie susu yang direkomendasikan oleh para wisatawan.

Pisang Molen Bandung

Kue berisi pisang dengan rasa manis dan gurih serta legit ini menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Kota Kembang. Bandung memang memiliki beragam kuliner khas, namun tak lengkap bila Anda tidak membawa camilan kue pisang molen sebagai buah tangan.

Camilan ini sangat cocok disantap dengan kopi dan teh hangat atau dingin. Pisang molen yang diproduksi oleh Kartika Sari menjadi tujuan favorit pengunjung ketika membeli kue ini.

Bika Ambon Medan

Kue basah berwarna kuning pekat dengan rongga-rongga di dalamnya ini telah lama menjadi kuliner khas kota Medan. Kue ini dibuat dengan bahan dasar yang mirip dengan kue pada umumnya. Bedanya adalah penggunaan nira atau pengembang yang menjadikan bagian dalam kue ini memiliki rongga.

Bika ambon sangat cocok dinikmati dengan segelas teh atau kopi panas di pagi atau sore hari. Jika Anda sedang berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk melewati kawasan Jl. Majapahit untuk membeli bika ambon khas Medan.

Udang Kering Khas Surabaya

Surabaya ternyata memiliki kuliner khas yang cocok untuk oleh-oleh, salah satunya adalah udang kering. Camilan udang kering yang dibuat oleh Bu Rudy di Jl. Raya Dharmahusada 140 menjadi pilihan favorit pengunjung yang datang ke Surabaya. Biasanya, camilan ini dipasangkan dengan sambal bawang dan disantap bersama nasi putih hangat sebagai lauk.

Pempek Khas Palembang

Pempek legit nan pedas via upload.wikimedia.org.

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Palembang tanpa menjajal kuliner satu ini. Pempek terbuat dari sagu yang dicampur dengan ikan tenggiri yang telah dihaluskan, ditambah dengan telur dan penyedap rasa, kemudian disiramkan kuah pedas asam berwarna kecoklatan.

Anda bisa menemukan banyak penjual pempek di kota Palembang. Namun, Anda bisa mampir ke Pempek Candy di Plaju dan Jl. Sudirman, atau Pempek Vico di depan Palembang Indah Mall untuk mendapatkan pempek terenak di Palembang.

Bandeng Presto Semarang

Siapa yang tak kenal kuliner satu ini? Bandeng presto merupakan salah satu kuliner khas wilayah Semarang. Hidangan yang sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat dan sambal terasi ini telah menjadi kuliner favorit para pelancong yang berkunjung ke Semarang.

Tak hanya bisa disantap di tempat, bandeng presto juga cocok dibawa sebagai oleh-oleh, meskipun tidak bertahan lama. Anda bisa mampir ke Bandeng Presto Juwana di Jl. Pandanaran, Semarang, untuk mendapatkan bandeng presto segar dengan rasa yang sangat lezat.

Gepuk Khas Bandung

Gepuk atau yang biasa disebut empal menjadi kuliner khas Bandung berikutnya setelah pisang molen. Dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah menjadi gepuk sangat cocok untuk disantap dengan nasi putih panas dan juga sambal ulek. Gepuk Ny.Ong menjadi tempat favorit untuk membeli oleh-oleh khas Bandung ini.

Klappertaart khas Manado

Klappertaart gurih khas Manado via upload.wikimedia.org.

Salah satu makanan warisan kuliner khas Manado dan peninggalan Belanda, jajanan unik kue khas Manado yang satu ini wangi, lembut, dan gurih. Dari namanya saja sudah terlihat, Klappertaart yang berarti kue kelapa. Terbuat dari bahan kelapa muda gurih, susu, mentega, dan telur, Klappertaart dapat disajikan dengan berbagai topping dan rasa seperti kismis, kayu manis, kenari, coklat, dan keju. Bagi pecinta durian yang sedang berwisata di Manado, jangan lupa mencoba kue Klappertaart durian! Berbagai pilihan Klappertaart dan oleh oleh kuliner khas Manado lainnya dapat Anda temukan di kawasan pusat oleh oleh Manado di jalan Sam Ratulangi, Manado.

Itu tadi aneka oleh-oleh khas nusantara yang unik dan populer. Jenis kuliner di atas semoga bisa menjadi referensi Anda untuk membeli buah tangan, ya!

Tinggalkan Balasan

WA Qetring Yuk!
WA Qetring Yuk!
Hi Sahabat Qetring! Mau tahu menu lengkap Qetring, area coverage pengiriman & apa kamu bisa dapat gratis ongkir? Kami siap bantu, yuk WA kami! :)