14 Masakan Khas Indonesia Unik & Antik yang Belum Tentu Kamu Tahu!

Hi Sahabat Qetring, sudah coba 14 makanan khas nusantara dibawah ini belum? Bagi foodies yang sudah coba semua makanan ini, Qetring angkat jempol! Kita di Indonesia cukup beruntung untuk dapat menikmati berbagai masakan khas Indonesia, mulai dari yang mendunia, sampai yang unik dan langka. Buat yang hobi masak dan lagi curious, Qetring sudah siapkan resep dan cara membuat sederhananya. Yuk lihat beberapa masakan khas Indonesia yang mulai jarang ditemui ini!

1. Papeda Sagu, Makanan Khas Papua

Papeda, kuah kuning, bersama Ikan Tude Bakar via Wikimedia.

Papeda, si bubur sagu, adalah jenis makanan khas Papua yang jarang masyarakat temui dirumah makan atau bahkan restoran. Bagi yang belum familiar dengan makanan khas Indonesia bagian timur ini, kebanyakan orang menikmati sagu sebagai komponen utama makanan, dengan melimpahnya pohon sagu yang tumbuh subur di Tanah Papua dan Maluku. Nah, Papeda, yang terbuat dari bahan dasar batang sagu yang diolah menjadi tepung atau bubur sagu, ternyata banyak dikonsumsi warga sekitar papua sebagai pengganti nasi. Penasaran seperti apa rasanya masakan khas nusantara unik yang satu ini? Papeda cenderung bertekstur lengket dan kenyal, dan biasanya dinikmati dengan menambahkan sayur ikan kuah kuning sebagai lauk. Bahan yang digunakan juga cukup sederhana, berupa, air, tepung sagu, gula, garam. Campurkan air biasa dengan semua bahan, diaduk hingga merata. Tambahkan air panas yang mendidih kedalam adonan, aduk sampai rata tunggu hingga berubah putih bening. Tak perlu ke Papua, Papeda hangat siap disajikan deh!

2. Konro Bakar, Kuliner Khas Makassar

Bayangkan iga gurih juicy penuh daging dan kuah hangat penuh rempah, itulah Konro. Konro,sebutan iga sapi atau kambing, merupakan salah satu makanan khas Makassar yang paling populer dan banyak dapat ditemui di ibukota. Dibekali dengan bahan dasar kluwek, warna iga bakar dan kuah sop yang hitam,Sehingga membuat cita rasa makanan makassar ini banyak dicintai dan dicari. Sop dan iga bisa disajikan dengan nasi hangat, lontong atau ketupat. Harga yang lumayan menguras kantong, tetapi puas untuk disantap bersama keluarga. Satu porsi sop dan iga bisa disantap untuk 4 orang. Rasa iga bakar dan sop yang cukup populer, sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi keraguannya. Selamat mencoba dan rasakan sensasinya makanan Makassar ini!

3. Dodol Meuseukat, Jajanan Khas Aceh

Kue Meuseukat, sering juga disebut dodol Nanas via Wikimedia.

Meuseukat merupakan dodol khas Aceh yang bercita rasa manis dan lembut. Biasanya dodol berwarna kecoklatan, meuseukat justru berwarna putih bila hanya menggunakan tepung. Namun meuseukat ditambah campuran buah nanas, sehingga warna dodol ini cenderung kuning cantik. Dengan tampilan bulat melingkar, dan eloknya ukiran bunga serta daun di permukaan dodol. Hanya ditemui pada saat acara tertentu saja, seperti pernikahan atau penyambutan tamu. Bahan yang digunakan berupa tepung terigu, air, gula, mentega, perasan air nanas, perasan air jeruk. Campur semua adonan aduk dengan air mendidih sampai padat dan mengental, setelah masak adonan bisa di bentuk sesuai selera. Membuatnya sangat mudah, tetapi membutuhkan waktu yang lumayan cukup lama. Interesting fact mengenai dodol meuseukat khas Aceh ini, semakin cantik ukiran, maka semakin melambangkan menjamu tamu dengan sangat baik dan sopan!

4. Tutut Sunda Pedas Asam, Kuliner Sunda Unik

Tutut, kuliner keong sawah via Wikimedia.

Satu lagi makanan khas Indonesia yang unik, langka, dan belum tentu para Sahabat Qetring dengar. Tutut adalah sejenis keong kecil yang memenuhi pekarangan sawah. Rasa yang enak bila diolah dengan baik, dengan aneka paduan bumbu yang membuat masakan ini semakin nikmat. Bumbu halus berupa cabai rawit, cabai merah, bawang putih, kunyit, belimbing wuluh hijau kecil, sereh, air, minyak, gula, garam. Tutut dibersihkan dan dipisahkan dari cangkangnya, lalu potong-potong kecil. Tumis semua bumbu tambahkan air dan tutut, tunggu hingga bumbu meresap. Siapkan mangkuk dan sajikan bersama nasi hangat atau lontong.

5. Gabus Pucung Betawi Poenya

Warisan betawi yang legendaris dan masih tetap terjaga hingga saat ini! Menampilkan ikan gabus yang diberi bumbu khas berupa pucung atau kluwek, berwarna hitam tetapi menjadi idaman di setiap masakan. Warna masakan yang dihasilkan hitam pekat, layaknya rawon. Bagi Sahabat Qetring yang ingin mencoba membuat Gabus Pucung sendiri di rumah, tidak hanya kluwek yang menjadi bumbu utama, bumbu lainnya berupa lengkuas, daun jeruk, potongan daun bawang, air, daun salam, serai, haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabai kriting merah, kunyit, kaldu bubuk, pucung(kluwek), garam, gula, kemiri, ketumbar. Ikan gabus dicuci hingga bersih lumuri dengan air jeruk nipis, potong sesuai selera dan goreng. Tumis semua bumbu di tempat berbeda, tambahkan air tunggu hingga mendidih lalu masukan ikan. Tunggu sampai masak, siapkan wadah dan hidangan siap disajikan. Tambahkan nasi hangat sebagai pelengkap.

6. Bali Blayag, Kuliner Bali Raja-Raja

Bali Blayag Raja adalah makanan khas Bali yang sejak dulu sudah ada dan terkenal di Bali. Rasa yang enak dan gurih tentu makanan ini menjadi banyak diminati. Walaupun tampilannya sederhana, tetapi tidak menciutkan hati para pecinta kuliner. Karena rasa yang didapat sungguh nikmat, layaknya makanan yang disohorkan untuk para Raja. Blayag sejenis lontong atau ketupat, yang menggunakan pembungkusnya berupa daun kelapa. Dengan dikucuri bumbu khas Bali dan aneka sayuran, bumbu yang digunakan berupa daun salam, merica, garam, bawang putih, kencur, tepung beras, kunyit. Bumbu dihaluskan dengan ulekan cobek, agar erat dengan rasa tradisionalnya. Menu pelengkap berupa sayur urap, kedelai goreng, ayam sisir, keripik kulit ayam. Dengan beralas daun pisang blayag dipotong kecil, dengan taburan aneka pelengkap dan bumbu ulek. Blayag Raja pun siap disajikan!

7. Tengkleng Kuah Solo

Salah satu makanan kuliner khas Solo favorit Pak Jokowi, Tengkleng Solo ini banyak dicari tetapi tidak mudah ditemui. Isi tengkleng terdiri dari macam-macam jeroan kambing, kepala, kaki, usus, tulang iga kambing. Dengan paduan bumbu berupa air, sereh, daun jeruk, daun salam, jahe, minyak, bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, kunyit, lada, cabai merah besar, ketumbar, gula, garam. Bersihkan semua isi tengkleng dan rebus, dan tumis bumbu halus. Campur bumbu halus dengan rebusan isi tengkleng, aduk dan tunggu higga matang merata. Tengkleng kuah siap disajikan, sebagai hidangan makan malam dengan cuaca dinginnya hembusan angin. Sembari ditemani nasi putih dan teh hangat, juga semakin nikmat. Tertarik? Next time kamu mampir di Solo, coba Warung Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer, Solo, langganan Pak Jokowi!

8. Celimpungan Kuah Santan Palembang

Celimpungan Palembang dengan kuah santan gurih via Wikimedia.

Bagi para penggemar Pempek khas Palembang, sudah pernah dengar celimpungan kuah santan ala Palembang belum? Tidak hanya pempek yang tersohor, celimpungan merupakan salah satu makanan khas Palembang juga menjadi sajian yang banyak diburu. Seperti apakah penampilan celimpungan ini? Dilengkapi dengan kuah kental berwarna kuning yang menyajikan rasa gurih, dan celimpungan berbentuk seperti bola-bola cantik. Bahan yang digunakan berupa ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, kaldu ikan, santan, garam, semua bahan diaduk dan dibentuk bulat lalu rebus. Bumbu halus berupa bawang merah, kemiri, lengkuas, jahe, daun salam, serai, kunyit, bawang putih, garam, semua bahan ditumis. Campurkan bumbu halus dengan celimpungan yang sudah direbus dengan santan. Tunggu beberapa saat dan celimpungan siap disajikan. Beri tambahan lontong atau ketupat, agar semakin kenyang dan nikmat.

9. Kue Bandros, Jajanan Sukabumi

Jajanan sejak dulu yang selalu menjadi kenangan tersendiri, mengingatkan dengan hal-hal lucu sewaktu kecil. Hingga sekarang jajanan ini masih dijual pedagang kaki lima, bahkan sampai restoran mewah. Kue bandros sejenis kue pancong atau pukis, dengan cetakan kecil memanjang. Rasa yang dihasilkan dari kue ini gurih, asin, manis, bisa juga ditaburi gula pasir di atasnnya. Kue ini dibuat dengan bahan yang mudah dicari, tetapi bisa jadi cukup sulit bila belum pernah berpengalaman membuatnya! Bahan kue ini berupa tepung beras, kelapa parut, santan, garam dan air, semua bahan diaduk hingga rata dan tuangkan pada cetakan. Tunggu beberapa saat, kue bandros sudah siap disantap!


10. Tumis Lorjuk Madura

Dengan posisinya yang berbatasan langsung dengan pantai, Madura berkelimangan hasil tangkapan laut. Tidak hanya di lautan lepas, tetapi pesisir pantai juga menghasilkan banyak lorjuk atau kerang laut. Lorjuk ini biasa dijadikan cemilan, kerupuk dan tumis lorjuk oleh masyarakat sekitar. Rasa yang enak dengan tambahan varian bumbu khas Madura, membuat makanan ini banyak diminati. Bumbu halus yang diperlukan untuk menumis lorjuk berupa bawang bombay, bawang merah dan putih, garam, cabai rawit, gula, garam, minyak goreng, irisan paprika kuning dan hijau. Tumis semua bahan dan masukan lorjuk yang sudah dibersihkan, tumis hingga berbau harum. Tumis lorjuk bercita rasa pedas, tambahkan nasi dan teh hangat sebagai pelengkap.

11. Sambal Kerupuk Krecek Jogja

Pedas dan manisnya Sambal Krecek Jogja via Wikimedia.

Sambal yang biasa disajikan dengan gudeg, paduan cita rasa sambal yang pedas dan gudeg yang manis, yum! Biasa disajikan dengan tambahan kacang tolo atau kedelai, sambal ini sedikit berair karena ditambahkan santan kental. Tentu beda dengan sambal goreng lainnya bukan? Bumbu halus berupa cabai rawit hijau, garam, gula, daun salam, santan, cabai merah besar, minyak goreng, bawang merah dan putih, lengkuas, batang serai. Tumis semua bahan, rebus kerupuk krecek dan kacang tolo yang sudah dibersihkan. Lalu tumis semua bahan dan tunggu hingga matang. Sebagai pelengkap bisa menambahkan nasi gudeg dan nasi putih sesuai selera.

12. Sega Jamblang, Nasi Kepal Cirebon

Bila mampir ke Cirebon, pastikan untuk mencoba Sega Jamblang, yang konon Sega jamblang atau nasi kepal yang dibungkus daun jati, dengan diiringi aneka lauk seperti sambal goreng pete, perkedel, sate telur puyuh, semur daging, atau dapat memilih sesuai selera. Nasi bungkus yang berisi sedikit, membuat orang yang lapar akan menambah porsinya 2-3 bungkus daun jati. Rasa gurih dan enak membuat akan ketagihan saat menyantapnya. Sega jamblang sudah terkenal sejak dulu, dengan tampilan warung lesehan sederhana atau duduk menghadap berbagai macam lauk. Sega jamblang hampir sama dengan nasi kucing, perbedaan terletak pada rasa lauk dan pembungkus nasinya.

 

13. Paniki, Kuliner Manado Antik

Paniki, kuliner antik khas Manado via Wikimedia.

Salah satu makanan yang paling terkenal di Manado adalah paniki atau kelelawar. Cara menyajikannya cukup antik dengan menambah bumbu santan kental. Ada juga paniki hanya dipanggang dan langsung disantap, tetapi kali ini paniki diolah seperti makanan pada umumnya. Bagi masyarakat lain, tentu menyantap kelelawar terdengar asing, tetapi tidak untuk suku Manado yang gemar mengkonsumsi makanan ini. Bahan yang digunakan berupa paniki yang sudah dibersihkan dan di potong sesuai selera, cabai rawit merah, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit, gula pasir, garam, haluskan bumbu semua bumbu. Tambahkan irisan daun bawang, batang serai, daun pandan, daun kemangi, santan, lada secukupnya. Tumis semua bumbu hingga harum, masukan paniki hingga matang dan bumbu meresap. Siapkan mangkuk, sajikan bersama nasi sesuai selera.

14. Asam Manis Kepiting Kenari, Kepiting Kelapa Khas Maluku

Berbeda dengan kepiting yang hidup di air, kepiting kenari, atau sering disebut kepiting kelapa, biasa hidup dan makan didarat. Harganya pun lebih mahal, namun tetap populer bagi wisatawan Maluku. Dari segi rasa, rasa yang didapat dari daging kepiting ini cenderung gurih dan manis, dan dengan pengolahan yang benar serta tambahan aneka bumbu dapur, bisa menghasilkan rasa yang nikmat asam manis kepiting kenari. Peran santan untuk makanan ini sangat penting, agar membuat cita rasa gurih dan nikmat yang didapat. Menikmati kepiting pada sore atau malam hari tentu manjadi lebih asik, karena sembari menikmati udara dingin dan menyantap kepiting hangat. Sungguh nikmat bukan? Sajikan ramai-ramai bersama keluarga dan sahabat.

Tinggalkan Balasan

WA Qetring Yuk!
WA Qetring Yuk!
Hi Sahabat Qetring! Mau tahu menu lengkap Qetring, area coverage pengiriman & apa kamu bisa dapat gratis ongkir? Kami siap bantu, yuk WA kami! :)