9 Kuliner Malam Jogja Hits & Wajib Coba

Hiruk pikuk Jalan Malioboro, pusat kuliner malam Jogja via upload.wikimedia.org

Kuliner Malam Jogja Bagi Para Food Travellers Nusantara!

Hobi berburu kuliner malam? Sedang travelling atau lagi ada urusan kantor di Jogja? Ini kesempatan emas untuk menelusuri jalan-jalan picturesque Jogja & mencoba berbagai warisan kuliner tengah malam! Selain sejuta panorama wisata keindahan alam dan histori Jogja yang pekat, ada warisan kuliner khas Jogja, mulai dari yang rasanya sederhana sampai nikmatnya luar biasa. Berikut 9 kuliner malam Jogja yang wajib kamu coba next time kamu travelling ke Jogja!

1. Kuliner Malam Gudeg Pawon Jogja

Pawon adalah dapur jaman dahulu yang masih beralaskan tanah dan berdinding batu bata, tidak bersemir semen atau berkeramik mewah. Ia mempunyai arti yang sangat sederhana dan bersahaja, dan telah berdiri sejak tahun 1958. Kuliner Gudeg Pawon yang sangat terkenal di kota Jogja ini membuat penikmatnya selalu rindu akan suasana pawon yang sederhana dengan kompor tungku dari kayu dan batu bata, bernostalgia dengan histori Jogja. Gudeg Pawon spesial ini terdiri dari ayam opor, kuah areh, sambal, dan oreg tempe. Bumbu khasnya berasal dari air kelapa asli, gula aren, nangka muda, dan tambahan bumbu halus lainnya. Siap-siap antri malam-malam di tempat kuliner malam Jogja yang satu ini! Gudeg Pawon Jogja buka mulai dari jam 22.30- 05.00.

2. Angkringan Sego Kucing

Untuk benar-benar merasakan denyut nadi Jogja dan eat a like a local, coba angkringan, nongkrong di pinggir jalan dengan lesehan beralas tikar atau kursi kecil yang berjejer menghadap hidangan makanan yang di sediakan di atas meja atau gerobak. Ditambah dengan nyala lilin sebagai penerang, tidak ada dining experience tradisional yang bisa mengalahkan kuliner malam Jogja yang satu ini. Namun jangan khawatir, walaupun sederhana, menu yang ditawarkan, yaitu sego kucing Jogja cukup bervariasi loh! Mulai dari lauk pauk ayam, sate telur, rendang, oreg, nasi kepal yang terbungkus daun, dan minuman teh atau bandrek hangat, kuliner malam Jogja ini membuktikan bahwa disegala kesederhanaannya, kuliner Jogja masih kaya rasa dan pastinya mengenyangkan. Arti sego kucing sendiri adalah nasi kepal yang di bungkus daun dengan porsi yang sangat sedikit seolah nasi kepal itu untuk makanan kucing, dan layaknya seekor kucing, bila belum kenyang masih bisa tambah dan tambah lagi!

3. Kuliner Malam Nasi Rames Demangan

Untuk yang belum familiar dengan Nasi Rames Demangan, arti Demangan sendiri adalah sebutan pasar demangan yang berada di Jl. Gejayan No. 23 Yogyakarta, identik dengan hiruk pikuk pasar yang menjajakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Dari pasar ini juga terkenal dengan nasi rames demangan yang dijajakan pada malam hari. Warung nasi bertenda biru yang sangat sederhana tetapi menciri khaskan keunikan rasa spesial, membuat para penggemarnya kian rindu ingin selalu mencicipi seporsi nasi rames demangan.Nasi rames tidak hanya dijual pada siang hari, tetapi pada malam hari, nasi rames demangan banyak dijajakan sebagai sajian santapan dini hari. Rasa lauk pedas yang sangat tersohor dari nasi rames demangan ini adalah oseng kacang panjang dan jagung, sayur labu, teri pedas, kering tempe, yang menjadi primadona nasi rames demangan. Lauk-lauk nasi rames ini pun dilengkapi dengan nasi putih, telur dadar iris, ayam suwir, orek, telur rebus, bawang goreng, mentimun, kerupuk, dan sambal. Soal harga memang sangat pas dikantong, tidak akan membuat dompet bolong. Hiruk pikuk perkotaan yang kian modern tidak menciutkan hati si penjual nasi rames, karena para penggemarnya tidak akan mengkhianati dan tetap mencintai hasil kuliner karya tangan para pedagang nusantara. Ulasan mengenai bumbu nasi rames demangan ini berupa cabai rawit merah, kemiri, cabai merah besar, asam jawa, serai, daun jeruk, gula pasir, jahe, kunyit serta tambahan bahan lainnya. Penasaran? Bila sedang lapar di malam hari, mampir dan cobalah nasi rames demangan khas Jogja yang buka mulai jam 9 malam hingga dini hari.

Tidak sempat ke Jogja tapi kangen kuliner malam Jogja?

Lihat berbagai menu warisan kuliner di Qetring.com!

4. Oseng Oncom Mercon

Sebelum Qetring bahas lebih lanjut, perlu diingat bahwa kuliner malam Jogja yang satu ini cukup pedas dan bisa buat perut kaget bagi yang tidak biasa santap pedas. Biasanya yang di oseng adalah sayur, tempe, atau cabai dan lainnya. Oseng mercon sendiri berarti menumis makanan super pedas. Kolaborasi antara cabai rawit ekstra dan oncom atau tempe semakin membuat penikmat oseng mercon kewalahan karena menahan pedas. Bumbu yang digunakan untuk oseng ini ialah cabai rawit, tempe, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, bumbu-bumbu yang sebenarnya cukup sederhana tapi membuat ketagihan. Dilengkapi dengan nasi hangat dan tambahan lauk lain sesuai selera, rasakan ledakan sensasi pedas di lidah yang pastinya membuat kita bangun sekejap sambil malam-malam berkuliner ria di Jogja.

5. Sate Kikil Bacem

Kikil, atau ramai disebut tunjang, sering kita temui di Jakarta dalam bentuk Gulai Tunjang Padang. Namun di Jogja, kikil atau tunjang ini malah jadi salah satu kuliner malam Jogja yang wajib dicoba. Diolah menjadi sate kikil bacem yang wangi dan gurih, kuliner ini terdiri dari kikil rebus, daun salam, lengkuas dan batang serai yang di memarkan, kecap manis, asam jawa, bawang merah, bawang putih, gula merah, dan garam secukupnya. Ingin coba buat di rumah? Rebus semua bumbu halus dan kikil sampai setengah matang, lalu bakar di bara api hingga matang dan wangi sampai bumbu meresap. Sajikan sate kikil bacem dengan nasi hangat, lontong dan ketupat.

6. Sup Kaki Kambing

Bagi kalian pecinta olahan kambing jangan lewatkan kesempatan mencicipi sup kaki kambing yang satu ini, dijajakan pada malam hari di sebuah kedai pinggiran kota Jogja. Tepatnya, lokasi kuliner malam Jogja yang satu ini ada di SMPN 1 Yogyakarta, Jalan Cik Ditiro atau di bundaran Universitas Gajah Mada. Sup kaki kambing tidak hanya menampilkan kaki kambing semata, menu isian sup ini berupa torpedo, aneka jeroan hati ampela, usus. Pneggunaan rempah Indonesia yang sangat menjadikan aroma serta rasa yang nikmat untuk sup kaki kambing khas Jogja. Dengan ditemani menu pelengkap nasi hangat yang cukup mengenyangkan isi perut Anda bersama keluarga, soal harga sesuai dengan rasa yang disajikannya. Kedai sup kaki kambing yang cukup populer di Jogja yaitu kedai bang Udin, Anda akan dibuat ketagihan bila menyantap seporsi sup ini karena rasanya yang super enak.

7. Kuliner Jejamuran Jogja

Menu unik ketika malam hari tiba di sudut kota Jogja! Jejamuran adalah salah satu makanan kuliner malam sederhana dengan rasa yang istimewa layaknya hotel bintang lima. Letak kedai jejamuran tepatnya di Pandowo Harjo, kecamatan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedai ini ramai dikunjungi, apalagi bila weekend tiba tentu jumlah pengunjung membludak. Untuk itu, lebih baik keep pesanan Anda agar tidak kehabisan! Jejamuran merupakan sajian serba menggunakan bahan dasar jamur, seperti sate jamur, telur dadar jamur, jamur kriwil kriuk, tumis asam pedas jamur, botok jamur serta berbagai menu lainnya. Jamur yang dipakaiberupa jamur tiram, jamur kuping, jamur merang yang layak dikonsusmsi tubuh, serta dipilih dengan kualitas baik. Anda yakin tidak akan mencoba kuliner yang satu ini? rasa yang ditawarkan sangat menggiurkan, karena enak dan membuat para pelanggan ketagihan ingin mencobanya lagi berkali-kali.

8. Bakmi Shibitsu Jogja

Kuliner malam Jogja salah satunya bakmi shibitsu, terdengar sejenis makanan Jepang bukan? Tetapi jangan salah, varian menu kuliner malam Jogja yang satu ini justru makanan asli Indonesia. Bakmi shibitsu menawarakan sajian makanan berupa mie godog, bakmi, mie goreng, ayam rica-rica, nasi goreng serta jamuan minuman teh jahe yang super hangat. Terlintas dipikiran bakmi shibitsu hanya menghadirkan menu serba mie, ternyata tidak ya lebih tetapnya semua sajian makan malam ada disini dengan berbagai variasi. Soal harga tentu sangat bersahabat, dan rasa yang ditawarkan memang dahsyat tentu enak untuk disantap. Lokasi kedai bakmi shibitsu tepatnya dijalan Bantul , No 106, Bantul Yogyakarta. Pelanggan setia bakmi shibitsu lumayan banyak ya, jadi harus sabar mengantrinya.

9. Mangut Lele Jogja

 Bicara mengenai kuliner malam Jogja, lele lovers tentu tidak akan melewatkan sajian menu yang satu ini bukan? Kedai mbah Marto menyajikan menu lele dengan olahan dibakar diatas tungku terlebih dahulu, kemudian diolesi bumbu tumis rahasia khas mbah Marto. Rasa yang ditawarkan enak serta unik karena rasa serta aroma khas asap, tetapi Anda akan dibuat kepedasan setelah lele dicampur dengan bumbu tumis yang menggunakan cabai super banyak. Sepintas tampilannya seperti pecak lele, tetapi bedanya pecak lele digoreng lalu masak dengan bumbu sedangkan mangut lele dibakar lalu ditaburi bumbu tumis. Kedai ini berada di dusun Nengahan, Bantul Jogjakarta. Kedai yang sudah terkenal enak ini banyak yang rela menunggu untuk mendapatkan seporsi mangut lele, jadi untuk Anda bila ingin membelinya, harap sabar ya. Buruan cobain menu yang satu ini, tentu Anda akan menyesal bila melewatkan sajian istimewa kuliner malam Jogja yang satu ini.

Mana kuliner malam Jogja yang ingin kamu coba? Atau masih buat rencana untuk travelling ke Jogja? Selamat menjelajahi kuliner khas Jogjakarta!

Cover image: Hiruk pikuk Jalan Malioboro, Jogja, via upload.wikimedia.org.

Tinggalkan Balasan

WA Qetring Yuk!
WA Qetring Yuk!
Hi Sahabat Qetring! Mau tahu menu lengkap Qetring, area coverage pengiriman & apa kamu bisa dapat gratis ongkir? Kami siap bantu, yuk WA kami! :)