6 Makanan Khas Makassar Ini Ciri Khas Kuliner Makassar, Sudah Coba?

Trans Studio Wisata Makassar via Wikimedia, https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/39/TransStudioMakassar.jpg/1280px-TransStudioMakassar.jpg

Makassar memiliki kekayaan kuliner yang cukup dikenal di nusantara. Kamu mungkin sudah akrab dengan berbagai makanan khas Makassar, tetapi berapa jenis makanan yang sudah kamu coba? Berikut beberapa contoh hidangan kuliner Makassar yang harus kamu cicipi paling tidak sekali seumur hidupmu!

Nasi Kuning Makassar

[instagram url=https://www.instagram.com/p/Bc3UH6fDucH/ hidecaption=true]

Nasi kuning ada di berbagai daerah di Indonesia, tetapi nasi kuning Makassar memiliki ciri khas sendiri. Selain porsinya yang cenderung besar, biasanya ada ikan cakalang dan paru goreng sebagai salah satu lauk yang menyertainya. Sayurnya juga biasanya menggunakan sayur labu serta sayur nangka, sedangkan sambalnya ditambahi sedikit ubi kering.

Restoran nasi kuning ikonik di Makassar adalah Restoran Riburane. Berlokasi di Jalan Riburane, tempat ini terkenal karena nasi kuningnya yang berporsi besar dan banyak didatangi turis dari luar Makassar yang ingin mencicipi nasi kuning khas setempat.

Bandeng Bakar Makassar

Ikan bakar, makanan khas Makassar via Wikimedia https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Ikan_bakar_bumbu_tomat_Makassar.JPG

Makassar terkenal dengan hidangan lautnya, dan bolu (bandeng) bakar salah satu andalannya. Bandeng bakar Makassar sekilas tidak jauh berbeda dengan hidangan serupa dari daerah lain, tetapi ada beberapa karakteristik yang membuatnya unik.

Bandeng Makassar cenderung tidak terlalu besar, sehingga matangnya lebih merata. Sambal yang menyertainya adalah sambal dabu-dabu, yaitu sambal yang terbuat dari potongan-potongan cabai, tomat, bawang, serta jeruk nipis.

Kabupaten Pangkajene, Kepulauan (Pangkep) terkenal sebagai produsen ikan bandeng, sehingga banyak warung bandeng bakar bisa ditemukan di sini. Salah satu yang cukup terkenal adalah Warung Sop Saudara. Akan tetapi, jika kamu mencari yang dekat dengan pusat kota, kamu bisa mencoba Warung Cobek-Cobek di Jalan Sawerigading, Makassar.

Sup Konro Makassar

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BkCpfDthGAM/ hidecaption=true]

Sup konro adalah hidangan Makassar yang telah populer di berbagai daerah lain di Indonesia. Ini adalah sup iga sapi dengan kuah sedikit gelap yang dibumbui banyak rempah-rempah khas Makassar.

Potongan besar iga sapi di tengah kuah sup yang melimpah, membuatnya cocok sebagai teman makan nasi putih hangat. Ada juga variasi yang menggunakan iga bakar, sehingga sensasi rasanya lebih kaya.

Ada banyak tempat untuk makan sup konro di Makassar, tetapi yang terkenal antara lain Konro Bakar Losari di Jalan Datu Musseng dan Konro Karebosi di Jalan Gunung Lompobattang.

Coto Makassar, soto dengan berbagai rempah khas Makassar

Coto Makassar, kuliner khas Makassar nikmat, via Wikimedia https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Coto_Makassar_Malino.JPG
Coto Makassar, kuliner khas Makassar yang nikmat disantap di pagi hari.

Coto Makassar tentu sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner Indonesia. Hidangan ini berupa soto berkuah sedikit gelap yang berisi potongan kecil daging sapi, babat, paru, limpa, dan jeroan lainnya. Rempah-rempah dalam kuah Coto Makassar sangat kaya, karena sengaja ditambahkan demi menutupi aroma amis jeroan. Bahan kuah ini antara lain adalah tauco, kemiri, pala, lengkuas, kacang, serai, dan sebagainya.

Buras, lontong khas Makassar, via Wikimedia, https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Buras_di_Makassar.JPG
Buras, lontong khas Makassar yang cocok disantap dengan kuah panas Coto Makassar.

Coto Makassar tidak sulit ditemukan, tetapi ada beberapa tempat makan terkenal di Makassar yang wajib dicoba jika Anda ingin menyantap hidangan ini, misalnya Coto Nusantara, Aroma Coto Gagak, dan Coto Paraikatte.

Gogos, si Lemper Bakar Tuna Khas Makassar

Lemper identik dengan jajanan ala Jawa, namun lemper bakar ala Makassar cukup unik karena sering memiliki isian berupa ikan yang dimasak wangi dan pedas. Lemper bakar tuna Makassar adalah kue yang terbuat dari ketan putih, dengan isian abon ikan (biasanya tuna atau cakalang), yang kemudian dikukus dan dipanggang sedikit. Gurihnya ikan berpadu sempurna dengan ketan yang dimasak bersama santan, serta wangi daun pisang pembungkusnya.

Lemper bakar adalah jajanan murah yang cukup mudah ditemukan. Makanan ini kerap dijajakan di dekat tempat wisata populer, seperti Pantai Losari, serta di warung dan lapak pedagang pinggir jalan. Hidangan ini juga sering muncul dalam hari-hari besar keagamaan.

Jalangkote, pastelnya orang Makassar

[instagram url=https://www.instagram.com/p/Bjj-EUEAg5o/ hidecaption=true]

Jalangkote adalah makanan khas Makassar yang sekilas mirip pastel empuk. Akan tetapi, jika pastel umumnya berisi kentang, wortel dan telur, jalangkote diisi dengan mi putih tipis. Walaupun ada juga isian tambahan seperti wortel, ikan cakalang atau daging, isian mi putih ini menjadi kekhasan jalangkote. Makanan ini harus dinikmati selagi hangat, karena kulitnya masih renyah dan isinya terasa lebih lezat.

Jalangkote kerap dijual di berbagai warung dan kios, namun ada juga toko yang menjual jalangkote sebagai oleh-oleh bagi turis. Tempat membeli jalangkote yang cukup terkenal antara lain adalah Jalangkote Lasinrang, yang juga menyediakan kue ini sebagai oleh-oleh.

Berbagai makanan khas Makassar di atas adalah warisan kuliner yang memiliki keunikan masing-masing, sehingga kamu akan rugi jika tidak pernah mencicipinya.

Tinggalkan Balasan