16 Jenis Pasta Selain Spageti Yang Juga Unik: Pahami Perbedaan Jenis Macam Pasta Ini!

Bagi kamu yang ingin berwisata kuliner ke Italia, wajib tahu jenis-jenis pasta ini!

Pasta. Salah satu makanan khas Italia yang sudah populer kemana-mana alias sangat mendunia. Mulai dari menu sajian spageti autentik khas Italian seperti carbonara, marinara, dan pesto, hingga adaptasi menu pasta Japanese seperti Japanese Seafood Fusili, tak banyak orang yang tak tahu pasta seperti spageti dan macaroni. Tapi apakah kamu mengetahui apa itu anelli, campanelle, dan casarecce? Bila belum tahu atau bahkan belum pernah dengar, wajar kok! Yuk, kenali berbagai jenis-jenis pasta yang memiliki keunikan tersendiri ini!

Terbuat dari bahan apakah jenis-jenis pasta ini?

Bahan pasta sebenarnya cukup simpel, meskipun ada berbagai jenis jenis pasta, semua macam pasta ini pun pada dasarnya terbuat dari tepung terigu, air, gula, telur, dan garam. Terlepas dari jenis-jenisnya, umumnya pasta memiliki tekstur yang lembut karena terbuat dari tepung terigu semolina. Tepung semolina ini merupakan hasil biji gandum durum yang digiling dan dicampur telur sehingga menghasilkan warna kuning cerah.

Tortellini

Jenis Pasta Tortellini

Dengan bentuk pasta yang unik seperti cincin, jenis pasta yang satu ini cukup gurih karena berisikan campuran daging atau juga dapat diisi dengan keju. Hampir mirip dengan teman jenis pasta lain Ravioli, jenis pasta Tortellini berasal dari area Bologna dan Modena, Italia. 

#Interesting fact: Ada juga jenis pasta lain bernama Tortelloni, yang juga mirip dengan jenis pasta Tortellini, hanya memiliki ukuran yang relatif lebih besar dan sering diisi dengan sayuran seperti bayam dan dilengkapi dengan keju seperti feta cheese. 

Angel Hair Pasta

Jenis Pasta Angel Hair

Bahan dasar yang digunakan untuk angel hair pasta ini sama seperti jenis-jenis pasta lainnya, hanya yang membedakan bentuk serta cara pengolahannya. Selain memiliki bentuk yang relatif lebih panjang dan tipis dari spageti, angel hair juga relatif tidak sekenyal jenis-jenis pasta lainnya.

Conchiglie

Jenis Pasta Conchiglie

Pasta yang super unik, jenis pasta Conchiglie memiliki bentuk tak ada duanya, mirip kulit kerang atau keong sawah. Jenis pasta Conchiglie memiliki variasi warna hitam dari tinta cumi-cumi, merah dari ekstrak tomato, hijau dari sari bayam, atau berwarna kuning dari adonan tepung asli semolina. Memiliki rasa yang lebih lembut, jenis pasta conchiglie biasa disajikan ke dalam sup atau salad dengan taburan saus yummy.

Nama Conchiglie ini memiliki asal usul kata yang sama dengan Conch, yang artinya kerang, sesuai dengan bentuk unik jenis pasta ini.

Ravioli

Jenis Pasta Ravioli

Jenis pasta ravioli ini bisa dikatakan pangsitnya orang Italia. Diisi dengan berbagai isi gurih seperti campuran daging, sayur, atau keju, Ravioli bisa disajikan dengan saus pasta khas Italia atau dengan kuah kaldu. Jenis pasta ini tergolong kuliner tradisional Italia yang autentik, dengan sejarah kuliner sejak abad ke-14. Isi jenis pasta raviolimu dengan ricotta cheese dan bayam, dijamin nambah!

Lasagne

Jenis Pasta Lasagna

Jenis pasta Lasagna berbentu lembaran tipis yang memiliki lebar 5 cm serta panjang 27 cm. Lasagna biasa disajikan dengan model bertumpuk dengan variasi isi daging, keju, dan sayur, membentuk satu kesatuan pasta yang creamy dan cukup digemari di Indonesia. Jenis pasta lasagna memiliki 3 tipe warna, berupa warna kuning untuk sajian panggang, hijau cocok dipadu padankan dengan sayuran, serta merah untuk saus tomat. Taburi banyak keju mozarella diatasnya dan lasagna gurih pun tercipta!

 

Alphabet Pasta

Jenis Pasta Alfabet

Jenis pasta yang satu ini tak perlu penjelasan lagi mengenai asal usul namanya. Disebut dengan Alfabeto di bahasa Itali, jenis pasta alfabet ini sering terlihat dikonsumsi dalam bentuk sup atau kaldu.

Farfalle, si pasta dasi yang manis

Jenis Pasta Farfalle

Banyak orang menyebut jenis pasta ini si pasta dasi, atau bow-tie pasta. Namun sebenarnya, nama farfalle ini berasal dari kata Itali farfalla, yang bukannya artinya “dasi”, melainkan kupu-kupu. Jenis pasta farfalle ini paling sering kita lihat disajikan dengan saus creamy dan saus tomat khas Italia. Warna jenis pasta farfalle pun dapat bervariasi, mulai dengan merah, hijau bayam, dan hitam hasil tinta cumi-cumi.

Penne

Jenis Pasta Penne

Penne, si jenis pasta yang sudah mulai populer di Indonesia. Berbentuk silinder dan cukup sederhana, kamu bisa sering melihat jenis pasta penne ini dimasak a la arrabbiata, pesto, maupun marinara.

Casarecce

Bentuk unik pasta casarecce menyerupai tabung kecil seperti digulung, lebih detailnya pola tengah pasta ini membelah seperti garis. Casarecce biasa disajikan dengan saus, taburan keju serta cincangan daging,  atau disajikan dengan sayur-sayuran dan bisa juga dibuat seperti keripik casarecce yang super kriuk.

Fettucine

Jenis Pasta Fettucine

Banyak orang yang sudah familiar dengan tipe pasta yang satu ini, Fettucine. Dapat sering dilihat di berbagai menu pasta restoran Italia, Fettucine paling sering disajikan a la Carbonara dan Alfredo. Berasal dari kuliner Italia khas Tuscany dan Roma, jenis pasta fettucine ini berarti “pita kecil”.

Rigatoni

Jenis Pasta Rigatoni

Berbentuk seperti tube pajang, jenis pasta rigatoni relatif memiliki diameter yang lebih panjang dari penne. Jenis pasta yang satu ini sangat populer di area Italia selatan, seperti Sisilia.

Tagliatelle

Jenis Pasta Tagliatelle

 

Jenis pasta Tagliatelle ini merupakan jenis pasta tradisional klasik khas Italy, dan sering dimasak a la Bolognese. Teksturnya cukup kasar dan tebal, membuat jenis pasta Tagliatelle ideal untuk dimasak dengan saus kental penuh isi.

Fusilli

Jenis Pasta Fusili

Pasta yang berbentuk spriral atau silinder yang berwarna kecoklatan, bentuknya yang memutar tentu terlihat unik bila disajikan. Fusilli biasa disajikan dengan aneka sayur-sayuran, daging ayam dan sapi, kacang polong, cabai, seperti membuat salad semua bahan diaduk rata dengan campuran saus krim. Bagi pecinta cemilan ini bisa dijadikan santapan saat siang dan sore hari, mudah dibuat serta enak disantap.

Campanelle

Pasta romantis karena berbentuk seperti bunga lonceng lucu, yang memiliki ujung tepi acak-acakan. Companelle biasa disajikan dengan sayuran yang dicampur dengan saus mayonnaise, saus sambal, saus barbeque, atau dibuat salad pasta dan bisa pula digoreng renyah seperti kerupuk.

Anelli Pasta

Bentuk bulat seperti cincin merupakan ciri khas pasta anelli, seperti snack ring bila masih dalam keadaan mentah. Pasta anelli biasa disajikan untuk campuran sup dan salad pasta, atau bisa juga digoreng setengah matang untuk dijadikan cemilan kriuk dalam toples. Ukuran yang kecil dan tipis memudahkan cara pengolahannya, tidak repot menyiapkan waktu lama, hanya sekitar 10-15menit sajian anelli pasta bisa disajikan.

Elbow macaroni

Bersama dengan Spageti, jenis pasta Elbow Macaroni bisa dikatakan jenis pasta yang paling populer di Indonesia. Elbow macaroni ini berbentuk hurup C mini sehingga terlihat lucu. Elbow macaroni biasa dibuat untuk campuran macaroni schotel, seblak basah dan kering, macaroni kriuk dengan bumbu cabai, elbow macaroni memang banyak digemari di berbagai kalangan, membuatnya mudah dan tidak memerlukan waktu lama.

Nah, berikut 16 macam jenis pasta, berapa yang sudah kamu tahu? Mulai dari jenis-jenis pasta paling umum hingga jenis pasta tradisional dan jarang diketahui orang, next time kamu makan di restoran Italia, jangan lupa coba tipe-tipe pasta unik diatas ya!

Tinggalkan Balasan