Ikan Salmon, Tuna, Walnut, apalagi makanan yang mengandung Omega-3?

Ikan Salmon & Makanan yang mengandung Omega 3

Mulai Hidup Sehat & Konsumsi Makanan Mengandung Omega 3!

Omega 3 memang populer dikenal untuk manfaat kesehatannya bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Daripada mengonsumsi suplemen yang mengandung Omega 3, tentu lebih baik bagi tubuh kita untuk mendapatkan asupan Omega 3 secara natural, dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung Omega 3. Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh memerlukan asupan makanan yang sehat, vitamin yang cukup serta nutrisi yang baik, untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. Hal kecil yang bisa dilakukan dalam menjaga pola hidup sehat berupa menjaga asupan makanan, agar daya tahan tubuh tidak mudah lemah.

Dibalik Manfaat Kesehatan Omega 3

Smoked Salmon Salad
Smoked Salmon Salad yang segar: Dengan wangi lemon zest, menu ikan salmon yang satu ini tentu akan memenuhi asupan Omega 3mu!

Dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung Omega 3, kita pelan-pelan mengurangi resiko penyakit jantung dan penyakit stroke. Anak-anak yang sedang tumbuh berkembang juga sebaiknya banyak mengonsumsi makanan yang mengandung Omega 3, karena Omega 3 sangat membantu kinerja otak agar daya ingat menjadi lebih kuat dan tidak mudah depresi.  Bagi para ibu hamil, mengonsumsi banyak makanan yang mengandung Omega 3 juga akan sangat berguna bagi pengembangan otak & mata bayi.

Tentu, manfaat yang terkandung dalam Omega 3 sangat diterima baik oleh tubuh, tetapi jangan berlebihan juga karena akan berdampak buruk bagi tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi Omega 3 dapat bermasalah dalam gangguan pencernaan, resiko stroke dan perut terasa kembung. Untuk itu mengkonsumsi dalam jumlah sedikit sesuai anjuran dokter agar tidak was-was dalam mengkonsumsi Omega 3. Beberapa makanan yang mengandung omega 3, yang biasa ditemui disekeliling kita dengan sangat mudah. Yuk, mulai hidup sehat dan konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung Omega 3!

Ikan Salmon, makanan mengandung Omega 3 paling populer

Bila sedang mencari makanan yang mengandung Omega 3, tentu yang pertama terpikir di benak kita adalah ikan salmon. Kaya akan EPA dan DHA, vitamin D, dan berbagai protein berguna lainnya, mengonsumsi ikan salmon akan membantumu menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko stroke, dan mengatur proses metabolisme tubuh. Kamu bisa mendapatkan nutrisi Omega 3 dari berbagai sajian masakan ikan salmon dibawah ini.

Sandwich Ikan Salmon
Salmon Bagel & Sandwich: Dengan irisan buah olive, olive oil, dan keju, menu ikan salmon yang satu ini pas untuk makan pagi atau lazy brunch di hari Minggu.

Tumis Salmon Fillet

Salmon Steak
Teriyaki Salmon Steak: Sajian ikan salmon fusion ala Jepang dan Western, lengkap dengan irisan avocado untuk nutrisi maksimal.

Biasanya dalam memakan ikan, cenderung digoreng menggunakan minyak dan suhu yang tinggi. Hal tersebut dapat menurunkan kadar nutrisi yang terkandung dalam ikan, untuk itu ganti dengan cara menumis menggunakan margarine yang sedikit. Terlebih cuci bersih ikan salmon fillet, potong dadu lalu taburi perasan jeruk nipis, merica bubuk dan garam agar menetralisir bau amis.  Jika ingin menambah rasa tambahkan irisan cabai rawit, bawang merah dan putih, brokoli, buncis. Tumis semua bahan kecuali ikan menggunakan margarine dan api sedang, setelah sayuran layu tambahkan potongan dadu ikan dan gunakan suhu api kecil agar kandungan omega 3 tidak berkurang. Setelah masak, sajiakn diatas piring dan tumis salmon fillet sederhana siap disantap.

Sushi Salmon

Menjaga kandungan gizi pada ikan tentu hal yang paling utama dilakukan, seperti memakan ikan dengan mentah. Makanan mentah biasanya untuk sushi, dengan tambahan bahan lain berupa nori kering, nasi putih pulen, ikan salmon fillet yang sudah dibersihkan, mayonnaise, daun bawang, wijen, almond untuk garnish. Pipihkan nasi dan susun semua bahan secara bertumpuk, gulung sushi lalu potong sesuai selera taburi garnise wijen dan almond. Sushi siap disajikan, tambahkan mayonnaise untuk cocolan sambalnya.

Salmon Sashimi
Salmon Sashimi: Menu ikan salmon mentah yang kaya dengan lemak Omega 3 dan meleleh di mulut!

Tentu, makanan yang mengandung Omega 3 tidak sebatas ikan salmon saja, ikan kembung, ikan tuna, ikan sarden dan ikan mackerel juga memiliki kandungan Omega 3 yang tidak kalah banyaknya dengan ikan salmon.

Macaron almond, makanan yang mengandung Omega 3
Macaron raspberry cantik ini juga mengandung biji almond yang kaya Omega 3.

Kacang Almond, Walnut, & Flaxseeds

Kacang & Biji-bijian, si makanan yang mengandung banyak Omega 3

Biskuit almond, makanan yang mengandung Omega 3
Selipkan biscuit almond di waktu minum kopimu. Kacang almond kaya dengan kandungan Omega 3 dan nutrisi lainnya.

Kacang-kacangan seperti almond dan walnut ternyata sehat dan mengandung Omega 3, sempurna bila ditaburkan di salad favorit atau dikonsumsi sendiri sebagai kudapan atau snack sambil nonton. Daripada snack seperti gorengan atau makanan bertepung, tentu makanan yang mengandung Omega 3 seperti kacang almond lebih sehat untuk snackmu!

Biskuit wijen, makanan yang mengandung Omega 3
Biskuit wijen, kaya akan biji wijen yang konon kaya kandungan Omega 3

Lalu, apa sajakah kacang dan biji-bijian lain yang bisa kita konsumsi untuk menambah asupan Omega 3 kita? Kacang dan biji-bijian seperti kacang merah, kacang panjang, kacang almond, kacang mete, biji wijen, biji labu, biji bunga matahari, bisa mulai kamu selipkan ke dalam asupan nutrisi makanan sehari-harimu.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/Bjt07EYDi3Z/ hidecaption=true]

Telur, Sayuran Hijau, & Seafood

Jaga keseimbangan nutrisi tubuh dengan asupan protein, Omega 3, dan serat yang seimbang

Berbagai pilihan seafood, makanan yang mengandung Omega 3
Seafood juga salah satu makanan dengan konsentrasi kandungan Omega 3 tinggi

Tentunya, sayur-sayuran hijau seperti kacang panjang dan buncis juga memiliki kandungan Omega 3. Yang pasti, menjaga asupan nutrisi yang seimbang antara protein dan makanan yang mengandung Omega 3 akan memastikan semua kebutuhan nutrisi tubuhmu terpenuhi!

Setup Green Vegetable

Sayur memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh, sayuran hijau yang berkualitas tinggi sangat baik dikonsumsi. Cara membuat sayuran agar kandungan manfaatnya tetap terjaga, dengan menumis atau setup sayuran. Tidak menggunakan minyak goreng dan menumisnya hanya sebentar. Sayuran hijau ini berupa brokoli, bayam, kol, zucchini, daun bawang, bawang bombay, paprika hijau semua sayur dipotong sesuai selera, sedikit margarine. Semua bahan dicuci bersih dan panaskan margarine diatas wajan, campur dengan semua bahan. Aduk hingga merata lalu tutup hingga meluap-luap dan angkat sajikan dipiring. Agar sayuran tetap crunchy mensetupnya sebentar saja, lalu taburi wijen diatasnya.

Telur Panggang

Mengkukus telur sudah menjadi hal lumrah, coba dengan memanggang telur dioven dengan suhu rendah. Agar kandungan Omega 3 tetap terjaga, cara yang sangat simple ini tentu menjadi keseharian yang bisa dilakukan. Untuk mendapatkan hasil makanan  yang baik, disini kamu hanya menyiapkan wadah atau loyang kecil yang berisi telur yang bertabur garam dan daun bawang. Oven dengan suhu rendah tunggu hingga matang merata, rasa yang dihasilkan crunchy kriuk. Tentu tidak kalah enak dengan telur goreng yang berbumbu, sekilas sederhana tetapi manfaat super mewah. Silahkan untuk mencoba, agar tubuh tetap terjaga.

Sate Udang Bakar

Luasnya laut menjadikan negara kita kaya akan hasil tangkapannya, aneka ikan, seafood yang didapat sudah menjadi tangkapan sehari-hari. Tentu sudah banyak resep yang menawarkan aneka olahan laut, sepeti halnya sate udang bakar. Bakarlh sate udang ini dengan aluminium foil, agar kandungan Omega 3 dari udang tetap terjaga. Ambil udang pancet tusuk yang sudah dilumuri air jeruk nipis, blender bawang putih dan merah, cabai merah besar, merica, garam, tumis bumbu halus dan balutkan ke udang sampai merata. Siapkan aluminium foil yang telah dilapisi margarine taruh udang lalu lipat, dan bakar diatas bara api. Setelah matang sajikan dengan nasi hangat.

 

Tinggalkan Balasan