6 Makanan Wajib Coba Saat Wisata Kuliner ke Bali

Bali memang paradise on earth dengan cantiknya alam & kayanya kultur etnik. Surfing, sunset watching, nonton tari Bali, ataupun romantic candlelight dinner di pinggir pantai, there is something for everyone in Bali. Lain kali Anda travelling ke Bali, jangan lupa untuk berwisata kuliner Bali pula. Berbagai hidangan khas yang terbuat dari sayuran, daging, ikan, dan rempah khas Pulau Dewata, dijamin akan membuat Anda terus mengenang perjalanan ke Bali. Berikut 6 makanan wajib yang wajib Anda coba saat berada di Bali.

1. Nasi Campur Bali

Nasi campur mungkin bukan hidangan yang asing, tetapi Nasi Campur Bali memiliki ciri khasnya sendiri. Sepiring nasi putih dengan beragam lauk di sekelilingnya dijamin mampu menggugah selera Anda.

Selain lauk umum seperti oseng-oseng kentang, tempe, udang goreng, sate daging sapi, tumis buncis dan telur rebus, Anda juga bisa menikmati lauk khas Bali seperti sate lilit, ayam betutu, telur bumbu Bali, daun ubi pedas, lawar, dan sambal matah.

Nasi Campur Bali bisa Anda temukan di warung sederhana hingga restoran dan kafe. Warung yang cukup terkenal antara lain Warung Wardani dan Warung Pojok di Denpasar, Warung Bu Nik di Badung, serta Warung Men Weti di Sanur.

2. Nasi Bebek Goreng Bali

Nasi Bebek Goreng Ubud Bali via upload.wikimedia.org.

Pecinta hidangan bebek wajib mencoba Nasi Bebek Bali. Paduan sempurna nasi putih dengan daging bebek yang gurih dijamin membuat air liur Anda meleleh. Sajian Bebek Goreng Bali biasanya memiliki kulit yang renyah serta daging yang empuk.

Menu ini biasanya disajikan bersama tumis sayuran atau sayur lawar. Sambal matah yang dibuat dengan kecombrang menjadi penyempurna hidangan ini.

Ada banyak restoran bebek goreng di Bali, namun yang paling terkenal antara lain adalah Rumah Makan Bebek Goreng Ht di Denpasar, Warung Bebek Bu Rima di Tuban, Bebek Tepi Sawah di Ubud, dan Bebek Goreng Haji Slamet di Kuta.

3. Sate Lilit Bali

Tidak seperti sate biasa yang berupa potongan-potongan daging, sate lilit terbuat dari daging yang dicincang halus, lalu diolah dengan rempah-rempah menjadi gumpalan panjang dan ditancapkan pada tusuk yang potongannya lebih besar dari tusuk sate biasa.

Sate lilit bisa terbuat dari daging ikan, ayam, sapi atau babi, dan memiliki rasa rempah yang kaya. Kegurihan sate lilit membuatnya bisa dinikmati tanpa saus atau bumbu apapun.

Sate lilit biasanya disantap bersama nasi putih, lawar, dan sambal matah yang berbumbu kecombrang. Sate ini juga kerap menjadi lauk nasi campur. Anda bisa menemukan sate lilit di banyak tempat; yang cukup terkenal contohnya Warung Sari Merta di Denpasar dan Sate Lilit Be Pasih di Renon.

4. Ayam Taliwang

Ayam taliwang biasanya identik dengan Nusa Tenggara Barat, tetapi ayam taliwang juga cukup terkenal di Bali. Hidangan khas suku Sasak di Nusa Tenggara Barat ini berupa ayam bakar yang diolah menggunakan beragam rempah.

Rasa ayam bakar ini biasanya cukup pedas, namun perpaduan rempah serta bumbu yang khas, menimbulkan paduan yang luar biasa. Hidangan pendampingnya biasanya adalah nasi putih, pelecing kangkung dengan sambal tomat, dan terkadang taburan kacang goreng.

Restoran ayam taliwang yang terkenal di Bali antara lain Ayam Taliwang Bersaudara di Kuta, Ayam Taliwang Bedugul, dan Ayam Bakar Taliwang Baru di Denpasar.

 5. Ayam Betutu

Ayam betutu adalah makanan yang wajib Anda coba setidaknya sekali di Pulau Dewata. Hidangan ini berupa ayam utuh yang diisi berbagai rempah, lalu dipanggang. Kelembutan daging ayam yang berpadu dengan kekayaan rempah khas Bali membuat hidangan ini sangat terkenal. Ayam Betutu cocok disantap dengan nasi putih, sayur lawar, dan sambal matah.

Tempat makan ayam betutu yang terkenal di Bali contohnya restoran Ayam Betutu Gilimanuk di Tuban dan Ayam Betutu Pak Man di Kuta.

6. Nasi Jinggo

Nasi jinggo (jenggo) adalah nasi campur yang porsinya kecil, mirip nasi kucing di Yogyakarta dan nasi koboi di Solo. Hidangan ini terdiri dari nasi seukuran kepalan tangan, ditambah lauk seperti serundeng kelapa, urap, tempe kering, ayam suwir, lawar, mi goreng, dan sebagainya. Semuanya dibungkus daun pisang yang dibentuk meruncing, sehingga menambah kekhasannya.

Nasi jinggo terkenal murah dan populer di kalangan pekerja, serta turis beranggaran sempit. Anda bisa menemukan penjual nasi jinggo di dekat area wisata populer di Denpasar, Jimbaran, atau Kuta, terutama pada malam hari.

Jika Anda berkunjung ke Pulau Dewata, jangan lewatkan kesempatan melakukan wisata kuliner Bali dan mencicipi semua hidangan di atas, agar perjalanan semakin berkesan!

Tinggalkan Balasan

WA Qetring Yuk!
WA Qetring Yuk!
Hi Sahabat Qetring! Mau tahu menu lengkap Qetring, area coverage pengiriman & apa kamu bisa dapat gratis ongkir? Kami siap bantu, yuk WA kami! :)